Milan, Mobilitas – Mobil ini dibuat dengan tangan oleh Andrea Marazzi, di Autodemolizione Marazzi di Bagnolo Cremasco, yang merupakan tempat pembuangan barang rongsokan miliknya.
Laporan laman Designboom yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (30/6/2025) menyebut hanya selebar 50 sentimeter dan masih mempertahankan bagian asli dari model Fiat Panda tahun 1993. Mobil tersebut pernah dipakai Andrea Marazzi selama bertahun-tahun.
”Mobil ini hanya mempunyai ruang untuk pengemudi saja, dimana sang pengemudi itu menggunakan roda kemudi kecil. Lampu depannya tunggal membantu pengemudi saat melaju di malam hari. Jika dilihat dari belakang, desain mobil ini menyerupai haluan kapal atau yacht,” tulis Designboom.
Fiat Panda yang dijuluki sebagai mobil tersempit di dunia ini merupakan mobil listrik satu tempat duduk. Sementara jok belakang juga hanya satu.
Komponennya menggunakan komponen bekas alias rongsok dari Fiat Panda milik Andrea Marazzi yang sebelumnya telah “dibuang” di tempat pembuangan barang-barang bekas pakai.
Andrea Marazzi memproduksi mobil itu selama 12 bulan. Ia merakit kendaraan itu dengan tangan menggunakan ’99 persen suku cadang asli’.
Mobil tersebut berbobot 264 kilogram (kg) dengan tinggi 145 centimeter (cm), dan panjang 340 cm. Motor listriknya memungkinkannya mencapai kecepatan 15 km/jam dengan jangkauan sekitar 25 km dalam sekali pengisian daya secarapenuh.
Masalahnya adalah kendaraan ini tidak legal di jalan raya. Sehingga hanya menjadi mobil untuk pameran saja. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id