All New Suzuki V-Strom 800DE Gedor Dunia

0
1352
All New Suzuki V-Strom 800DE - dok.Istimewa

Milan, Mobilitas – Suzuki V-Strom series menjadi incaran penggemar motor adventure sejak 2002.

Oleh karena itu, di hajatan pameran motor EICMA di Milan, Italia, 8 – 13 November kemarin, pabrikan asal Jepang ini juga memperkenalkan versi paling anyar dari motor adventure Suzuki V-Strom 800DE. Versi paling gres alias terbaru ini menyuguhkan peningkatan kemudahan, kenyamanan, serta keserbagunaan.

“Suzuki fokus untuk meningkatkan kenyamanan dan kegembiraan petualangan pengendara,” bunyi keterangan pabrikan seperti dilansir AmantiMoto, Sabtu (12/11/2022).

Meski, secara tampilan, motor anyar ini masih belum banyak berubah, namun tingkat kenyamanan yang disajikan lebih bagus berkat serangkaian fitur anyar. Desain lampu utama kini dibuat berjenjang yang tidak hanya mencuatkan kesan lebih gagah, tetapi juga menjadikan penerangan lebih baik.

Mesin yang diusungnya juga baru, yakni baru paralel twin, DOHC, 4-katup per silinder, berkapasitas 776 cc. Mesin ini disebut memiliki poros engkol 270 derajat dengan bobot yang seimbang alias ideal.

Tetapi, hingga akhir hajatan EICMA Suzuki belum membeberkan berapa semburan tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin. Pabrikan hanya menyebut semburan tenaga itu disalurkan ke roda menggunakan girboks enam percepatan yang dilengkapi Suzuki Clutch Assist System (SCAS).

Ilustrasi, pengendara menunggang All New Suzuki V-Strom 800DE – dok.Istimewa

Ada empat pilihan mode berkendara yang bisa dipilih pengendara, yakni Active (agresif), Basic, Comfort (respon gas sedikit berkurang demi kenyamanan) dan Gravel (menjadikan ban belakang berputar tanpa daya terputus). “Motor ini juga dibekali Suzuki Traction Control System (STCS), dengan empat level yang dapat dipilih pengendara,” sebut Suzuki.

Suzuki memberinya peranti suspensi upside down 220 mm Show di depan dan shockbreaker monoshock preload di belakang. Dan masih banyak fitur canggih lain yang diharap memantik minat pecinta motor dunia.

Sekadar informasi data World Motorcycle Research (WMR) yang dikutip Mobilitas, Senin (14/11/2022) menyebut V-Strom series (berbagai model) mulai digelontorkan ke pasar dunia pada 2002. Sejak itu hingga tahun ini telah terjual sebanyak 440.089 unit. (Jrr/Aa)