Ampelio, Calon Skuter Listrik MV Agusta yang Ciamik

0
1475
Rendering tampilan skuter lsitrik MV Agusta Ampelio - dok.ACBiker

Milan, Mobilitas – MV Agusta memperkenalkan konsep skuter listrik bergaya klasik berbasis Kymco S7.

Seperti dilaporkan laman AC Biker, Kamis (10/11/2022), era sepeda motor listrik yang semakin menggejala di dunia, juga diikuti oleh pabrikan kondang asal Verese, Italia, MV Agusta. Produsen motor ini memperkenalkan konsep skuter listrik yang dinamai Ampelio.

Gaya desainnya ciamik seperti lazimnya skuter khas Italia yang kondang dengan keindahannya. Perancangnya, Maksim Ponomarev, menyebut gaya desain konsep skuter  itu terinspirasi oleh model CGT dan Ovunge, dua motor MV Agusta yang sohor di tahun 1950-an.

Konsep itu dibuat berdasar sketsa bikinan Ponomarev sebelum dia ditugasi mendesain skuter. Sehingga, dia menafsir ulang sketsa yang dibuatnya tersebut untuk dijadikan skuter.

Namun, satu hal yang menarik dari kemunculan konsep itu adalah kabar yang menyebut skuter itu dibangun dengan basis skuter Kymco. Sebab, belum lama ini MV Agusta telah merajut kerjasama dengan pabrikan asal Taiwan itu.

Ilustrasi, logo MV Agusta – dok.Motorcycle News

Sementara, di hajatan EICMA 2022 (yang berlangsung di Milan, 8 – 13 November) SYM meluncurkan skuter listrik S7. Skuter itulah yang disebut menjadi basis Ampelio.

Kymco S7 dibekali motor listrik plus baterai Ionex berdaya 1,7 kWh. Paduan tersebut menghasilkan tenaga hingga 4,1 kWh.

“Dengan sekali isi daya baterai hingga penuh, skutik ini sanggup menempuh jarak 136 kilometer,” bunyi pernyataan Kymco.

Dan kehadiran Ampelio (yang belum disebutkan kapan waktunya) bakal menjadi amunisi baru MV Agusta. Rekam jejak digital pernyataan MV Agusta di awal tahun ini, yang dikutip Mobilitas, Jumat (11/11/2022) menyebut sepanjang tahun 2022 ini produksi motornya dipatok 8.500 unit (80% motor tiga silinder dan 20% empat silinder). (Din/Aa)