Avanza Baru Buatan RI Rangsek Thailand Mulai Februari, Filipina Maret

0
1400
Toyota All New Avanza diluncurkan pada 10 November 2021 - dok.TAM

Manila, Mobilitas – Toyota All New Avanza yang di Indonesia telah dijual sejak 10 November 2021 lalu, akan digelontorkan ke pasar Thailand mulai Februari tahun ini. Low MPV yang diproduksi di Indonesia itu juga akan merambah pasar Filipina mulai Maret nanti.

Kabar tersebut diungkap media otomotif di Thailand Headlightmag dan media Filipina Autoindustriya, Kamis (6/1/2022). “Setelah debut dunianya di Indonesia pada November 2021 lalu, Thailand akan menjadi negara kedua di ASEAN yang mendapatkan MPV baru itu setelah Indonesia. Tidak hanya itu, model Veloz baru juga akan tersedia,” tulis keduanya.

Spesifikasi versi anyar Avanza untuk kedua negara itu belum terungkap secara resmi. Namun kemungkinan besar akan mirip dengan yang ada Indonesia. Artinya ada pilihan mesin Dual VVT-i 1.3 liter dan 1.5 liter dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi 121 Nm, serta 106 PS dan torsi 137 Nm.

Toyota All New Veloz-dok.TAM

Selain itu sistem penggerak rodanya pun sama dengan di Indonesia yakni menjdi penggerak roda depan. Begitu pula perangkat transmisi penyalur tenaga ke roda yang berganti CVT.

Di Indonesia – seperti yang terlihat di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas – sepanjang Januari hingga November 2021 lalu, Avanza (termasuk Veloz) masih bertengger di urutan pertama dalam penjulan unit ke diler (wholesales) terbanyak. Totalnya mencapai 56.127 unit. (Swe/Aa)