Avanza dan Xpander Paling Joss dalam Wholesales Januari – September

0
1612
Toyota Avanza Veloz model yang ada saat ini masih menggunakan RWD - dok.TAM

Jakarta, Mobilitas – Dua Low MPV yang hingga saat ini masih menjadi “bintang” penjualan di segmen pasar mobil keluarga serbaguna (MPV) – yakni Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander – disebut-sebut versi terbarunya bakal meluncur di hajatan GIIAS 2021 yang bakal berlangsung 11 – 21 November nanti. Avanza bakal hadir dalam status serba baru, sedangkan Xpander berlabel model penyegaran alias facelift.

Fakta menarik dari sepak terjang kedua mobil ini adalah, penjualannya yang jauh di atas para pesaingnya. Begitu pun dalam hal pendistribusian unit ke diler (penjualan ke diler alias wholesales), baik Avanza maupun Xpander tercatat paling banyak atau paling joss di sepanjang Januari – September tahun ini.

Mitsubishi Xpander – dok.MMKSI

Data yang dihimpun Mobilitas dari catatan penjualan mobil yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terlihat, di segmen pasar Low MPV – dalam sembilan bulan pertama tahun ini – wholesales Toyota Avanza yang terbanyak. Sementara, Xpander terbanyak kedua.

Toyota Avanza (termasuk Avamnza Veloz) di rentang waktu itu terjual ke diler sebanyak 46.271 unit. Kemudian Mitsubishi Xpander membukukan wholesales sebanyak 38.096 unit.
Berikutnya, Suzuki Ertiga yang berhasil terlego ke diler sebanyak 8.531 unit.

Penjualan ritel Toyota Avanza di Januari – Agustus tahun 2021 ini jauh di atas penjualan kembarannya, Daihatsu Xenia – dok.Istimewa

Lalu, Daihatsu Xenia dengan total wholesales 7.635 unit, Wuling Confero S sebanyak 6.383 unit, Honda Mobilio 4.424 unit, dan Nissan Livina 1.148 unit.

Sekadar catatan di periode Januari hingga September tahun ini, total wholesales mobil – kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial – mencapai 627.537 unit. Jumlah ini meroket 68,7% dibanding wholesales yang berhasil dibukukan selama kurun waktu yang sama di tahun lalu.

Honda Mobilio – dok.Istimewa

Sementara penjualan ritel di rentang waktu yang sama, tercatat mencapai 600.344 unit. Jumlah itu menanjak hingga 47,4% dibanding sembilan pertama tahun lalu. (Vto/Aa)