Jakarta, Mobilitas – Sepanjang Januari tahun ini, penjualan mobil Daihatsu ke konsumen (ritel) meningkat 26% dibanding Januari 2022.
Data penjualan di PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) yang diterima Mobilitas di Jakarta, Selasa (21/2/2023) menunjukkan sepanjang Januari tahun ini 22.053 mobil Daihatsu terjual ke konsumen. Sedangkan di bulan yang sama pada 2022, jumlah mobil yang terjual masih sebanyak 17.506 unit.
“Capaian market share sebesar 24,3% pada bulan ini menjadi salah satu yang terbesar bagi Daihatsu. Semoga pasar otomotif tahun ini dapat terus meningkat, ditambah kehadiran kami di pameran IIMS 2023 juga dapat berkontribusi positif bagi pasar otomotif di Indonesia,” ungkap Marketing & Customer Relations Division Head PT AI-DSO, Hendrayadi Lastiyoso.
Pada bulan perdana itu, MPV LCGC Daihatsu Sigra masih bertahta di singgasana raja penjualan. Mobil ini laku sebanyak 6.006 unit atau 27,2% dari total penjualan merek ini. Jumlah ini melonjak signifikan dibanding Januari 2022 yang masih sebanyak 4.931 unit.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, Selasa (21/2/2023) memperlihatkan sepanjang 2022 Daihatsu Sigra juga menjadi mobil terlaris Daihatsu. Totalnya mencapai 47.066 unit, dan mengalahkan Daihatsu Xenia yang terjual sebanyak 23.966 unit (dan berada di urutan ketiga terlaris).
Pada Januari tahun ini, Sigra juga masih lebih laris ketimbang Xenia. Sebab Xenia hanya bertengger di urutan ke-4 dengan total penjualan ritel sebanyak 2.879 unit (atau 13,1% dari total penjualan Daihatsu).
Pada bulan tahun tersebut penjualan Daihatsu Indonesia didominasi tiga mobil. Selain Sigra yang laku sebanyak 6.006 unit, ada Daihatsu Gran Max Pick Up sebanyak 5.447 unit (24,7% dari total penjualan). Kemudian Daihatsu Terios yang laku sebanyak 2.958 unit (13,4%) menjadi yang terlaris ketiga. (Din/Aa)