Bakal Gebuk Honda HR-V, Mitsubishi XFC Disebut Meluncur di GIIAS 2023

0
1524
Konsep Mitsubishi XFC calon pesaing Honda HR-V dan Hyundai Creta - dok.Mitsubishi

Manila, Mobilitas – Mitsubishi Motors Asia Tenggara memperkenalkan konsep SUV kompak XFC pada 19 Oktober di Thailand.

Kini, hampir sebulan setelahnya, kabar baru yang menyebut peluncuran perdana calon pesaing terkuat Honda HR-V dan Hyundai Creta itu akan dilakukan di Indonesia. Kabar itu, seperti dilaporkan laman Autoindustriya, Rabu (16/11/2022) diungkap seorang pejabat di Mitsubishi Motors Corporation di Filipina.

“Model produksi XFC peluncuran perdananya dijadwalkan di pameran otomotif Indonesia GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) pada tahun 2023. Itu berarti bahwa pada Agustus tahun depan,” paparnya kepada laman itu yang dikutip Mobilitas, Rabu (16/11/2022).

Sang pejabat juga mengatakan untuk produksinya – meski masih tentatif –  akan melibatkan pabrik Mitsubishi Motors di Thailand, selain pabrik di Indonesia. “Karena Mitsubishi ingin memperkuat kehadirannya di pasar tersebut (Tahiland). Pabrik Indonesia menjadi basis ekspor ke negara lain (selain Thailand) termasuk Filipina,” ujar sang sumber itu.

Tampilan bagian belakang Mitsubishi XFC – dok.Mitsubishi

Sebelumnya, saat peluncuran konsep XFC itu, Division General Manager ASEAN B Division Mitsubishi Motors Corporation, Ryoichi Inaba, mengatakan Mitsubishi XFC adalah bagian dari strategi penguatan dan penataan kembali produk strategis di ASEAN.

“Kami akan melakukan perombakan produk inti kami, Triton dan Pajero Sport, selain dua SUV baru. Versi produksi dari XFC Concept ini menjadi produk yang pertama (dari perombakan produk inti tersebut) dan dimulai di tahun fiskal 2023,” ungkap Inaba pada perkenalan XFC Concept, Rabu (19/10/2022).

Namun, Inaba belum membeberkan spesifikasi dari versi produksi tersebut. Tetapi, jika menilik positioning-nya sebagai SUV kompak, kemungkinan besar mobil itu mengusung mesin 1.5 liter. (Jrr/Aa)