Dari Indonesia Hyundai Stargazer Rangsek Filipina

0
1573
Hyundai Stargazer asal Indonesia tengah diangkut truk gendong di Filipina - dok.Autoindustriya

Manila, Mobilitas – Setelah diluncurkan di Indonesia pada Agustus lalu, kini Hyundai Stargazer siap gedor pasar Filipina.

Kabar merangseknya Low MPV Hyundai yang diproduksi di Indonesia itu diungkap laman Autoindustriya, Jumat (7/10/2022). “Saat meluncurkan merek resminya beberapa bulan lalu, Hyundai Motor Philippines Inc. (HMPH) mengkonfirmasi akan memiliki model andalan di segmen MPV 7-seater, yaitu Stargazer,” tulis media itu.

Pernyataan HMPH itu semakin nyata, ketika mobil yang dimaksud kedapatan tengah diangkut truk gendong dari pelabuhan menuju tempat pemeriksaan seperti terlihat dalam foto hasil jepretan fotografer laman Spotting. Meski beberapa bagian dari mobil itu ditutup plastik, namun masih jelas terlihat bahwa mobil itu merupakan Stargazer.

Seperti halnya di Indonesia, Hyundai Stargazer yang akan dijajakan di Filipina itu diperkirakan juga mengusung mesin 1.5 liter empat silinder dengan penggerak roda depan.

Meski spesifikasinya belum terungkap, namun penyaluran tenaga ke roda diperkirakan menggunakan transmisi manual 6 tingkat percepatan. Opsi lainnya, transmisi Inteligent Variable Transmission.

Hyundai Stargazer di GIIAS 2022, menyedot perhatian pengunjung – dok.Mobilitas

Sementara, di Indonesia, mobil ini secara resmi diluncurkan di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada Agutus lalu. Penjualannya ke diler (wholesales) langsung membubung di bulan itu.

Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Jumat (7/10/2022) memperlihatkan, wholesales Hyundai Stargazer hingga akhir Agustus sebanyak 4.455 unit. Dari jumlah itu, 3.955 unit dibukukan pada Agutus dan 500 unit di bulan sebelumnya.

Sedangkan sepanjang Januari – Agustus, total wholesales yang dikantongi Hyundai Indonesia mencapai 19.244 unit, meroket 961,4% dibanding periode sama di 2021. Adapun total penjualan ke konsumen (ritel) di saat yang sama 15.602 unit, melambung 789,5% dibanding delapan bulan pertama tahun lalu. (Swe/Aa)