Dibanderol Rp 795,5 Juta, Ini Istimewanya New Mazda CX-8 di Indonesia

0
1162
New Mazda CX-8 kini telah hadir di Indonesia - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi memperkenalkan kepada publik Indonesia model terbaru SUV premium Mazda CX-8. Model paling anyar ini dibanderol Rp 795,5 juta on the road Jakarta, dan sudah termasuk MyMazda Service, yaitu, gratis layanan purna jual selama 3 tahun, atau hingga jarak tempuh 60.000 kilometer (km).

Managing Director PT EMI, Ricky Thio,  menyebut versi anyar ini menggunakan teknik pengecatan Takumi-Nuri yakni sebuah teknologi pengecatan kendaraan yang unik dari Mazda dilakukan dengan kombinasi warna, highlight, bayangan dan kedalaman warna. Mazda juga semakin menekankan keindahan dan kualitas bentuk bodi dari desain Kodo yang dinamis.

“Di bagian pengemudi, hadir teknologi G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) sebagai cara Mazda human-centric engineering membuat pergerakan kendaraan lebih responsif,” kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (26/7/2022).

Fitur lainnya adalah captain seat pada baris kedua yang dilengkapi dengan center console, serta seat ventilation. Untuk fitur hiburan, New Mazda CX-8 dibekali dengan sistem audio premium BOSE, Mazda Connect yang memberikan koneksi tanpa kabel dengan smartphone saat sedang berkendara.

“Selain itu, ada Wireless Smartphone Integration, yaitu fitur sistem integrasi yang memungkinkan pengendara mengatur ponsel dari central display, serta wireless charging (Qi),” papar Ricky.

Untuk sistem keamanan, New Mazda CX-8 menghadirkan 360 View Monitor System yang akan membantu pengemudi dalam memarkirkan kendaraan atau sedang berkendara di jalanan yang sempit. Kemudian Smart City Brake Support yang dapat mendeteksi kendaraan baik di depan maupun di belakang kendaraan sehingga secara otomatis menggunakan rem untuk membantu mencegah kecelakaan, dan masih banyak fitur canggih lainnya.

Mazda CX-8 memulai kiprahnya di pasar Indonesia pada 22 November 2019 lalu. Awalnya, Mazda CX-8 dipasarkan dengan dua varian, yakni Elite dan Touring.

Interior bagian depan New Mazda CX-8 – dok.Istimewa via Top Car News Network

Sejak Oktober 2021 lalu, PT EMI hanya menjajakan varian Elite saja, karena varian Touring sepi peminat. “Mazda CX-8 ini kan awalnya kita tawarkan dua model, yaitu Elite dan Touring. Tetapi ternyata, model Touring itu peminatnya tidak terlalu banyak. Jadi sekarang kami fokus yang Elite,” ungkap Sales Manager PT EMI, Deddy Kurniawan Saputro, di Jakarta, 5 Oktober 2021 lalu.

Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Selasa (26/7/2022) menunjukkan, sepanjang tahun 2019 itu total unit Mazda CX-8 yang terjual sebanyak 63 unit. Kemudian di tahun 2020 mencapai 218 unit.

Sepanjang 2021 – dari Januari hingga September – PT EMI melego mobil ini sebanyak 162 unit. Sedangkan di tahun 2022, selama Januari hingga Mei, total penjualannya ke diler (wholesales) sebanyak 95 unit, menyusut 2,1% dibanding periode sama tahun 2021.

Mazda CX-8 diluncurkan di Jepang pada akhir tahun 2017. Data Wikipedia yang dinukil Mobilitas, Selasa (26/7/2022) memperlihatkan di negerinya sendiri itu, pada tahun 2018 mobil ini terjual sebanyak 13.119 unit. Tahun berikutnya melejit menjadi 23.294 unit.

Pada tahun 2020 penjualannya anjlok hingga menjadi 17.999 unit. Ambrolnya penjualan kembali terjadi di tahun 2021, yakni hanya 16.596 unit. (Din/Aa)