Ekspansif di Jakarta, Begini Penjualan MINI Terkini

0
1474
Plaza MINI di jalan Senopati, Jakarta Selatan - dok.MINI

Jakarta, Mobilitas – Merek asal Inggris – yang berada di bawah payung grup BMW – MINI di Indonesia kembali melakukan ekspansi jaringan penjualan dan layanan purna jual di wilayah Jakarta. Kini, bersama PT Plaza Auto Raya, MINI meresmikan diler baru Plaza MINI Senopati di Jakarta Selatan.

Dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Kamis (7/10/2021) lalu, MINI menyebut Plaza MINI Senopati hadir dengan konsep city sales outlet. Diler ini menyuguhkan communal space plus sajian lini produk terbaru mobil merek MINI, hingga menyajikan MINI Lifestyle Collection.

Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania mengatakan diler MINI Plaza Senopati ini merupakan diler resmi yang kelima. Kehadirannya, lanjut Jodie, merupakan bentuk nyata komitmen BMW Group dalam mengembangkan brand Mini di Indonesia.

Fasilitas di Plaza MINI Senopati Jakarta Selatan – dok.MINI

Lebih dari itu, sebut Jodie, program ini juga sejalan dengan kegiatan perakitan MINI Countryman di Indonesia yang terus diperkuat. Proses perakitan dilakukan di pabrik Production Network 2, Gaya Motor di kawasan Sunter.

“Plaza Mini Senopati menjadi contoh bagaimana MINI dan PT Plaza Auto Raya menawarkan konsep gaya hidup uplifting yang benar-benar mewakili brand legendaris ini,” papar dia.
Diler yang berlokasi di salah satu kawasan premium di Jakarta ini buka setiap hari. Waktu operasionalnya, dari pukul 08.30 hingga 19.00 WIB.

Jejak penjualan 
Bicara soal penjualan, di kurun waktu Januari hingga Agustus tahun ini, MINI Indonesia mencatatkan kinerja yang menguat. Penjualan kembali menggeliat alias rebound, setelah di tahun 2020 lalu ambles setelah badai pandemi Covid-19 menerjang perekonomin Indonesia termasuk pasar otomotif nasional.

Data yang dihimpun Mobilitas dari laporan penjualan ritel (ke konsumen) kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di delapan bulan pertama tahun ini, MINI Indonesia berhasil mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 440 unit. Jumlah ini naik 35,4% dibanding kurun waktu yang sama 2020.

PLaza MINI di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara – dok.Istimewa

Fakta data juga menunjukkan di kurun waktu Januari sampai Agustus 2020, MINI hanya meraup angka penjualan ritel sebanyak 325 unit, anjlok cukup dalam. Jumlah ini dikoleksinya di bulan Januari sebanyak 40 unit, Februari 55 unit, Maret 50 unit, April 20 unit, dan Mei 20 unit.

Kemudian di bulan Juni sebanyak 30 unit, Juli 50 unit, dan Agustus 60 unit. Total jumlah penjualan ini, ternyata jauh di bawah jumlah yang berhasil dikoleksi sepanjang periode sama tahun sebelumnya.

Sebab, selama Januari hingga Agustus 2019, total penjualan ritel yang berhasil dibukukan MINI mencapai 420 unit. Jumlah ini berasal dari penjualan di bulan Januari sebanyak 35 unit, Februari 40 unit, dan Maret 50 unit.

Fasilitas MINI Collection di PLaza MINI PIK – dok.Istimewa

Kemudian dari penjualan bulan April yang sebanyak 50 unit, Mei 50 unit, dan Juni 50 unit. Lalu di bulan Juli 70 unit dan dari penjualan selama Agustus yang sebanyak 75 unit.

Dengan perbandingan data ini terlihat, kinerja penjualan MINI di Indonesia di delapan bulan pertama tahun ini telah melampaui penjualan periode sama di masa sebelum pandemi Covid-19. (Ril/Aa)