Jakarta, Mobilitas – Mencorongnya kinerja penjualan Honda N-Box selama periode Januari – April 2025 ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai mobil terlris di pasar mobil (gabungan mobil reguler yakni mobil bermesin di atas 660 cc dan kei car atau mobil bermesin 660 cc ke bawah).
Data Japan Automobile Sales Association (JAS) dan Asosiasi Dealer Mobil Jepang (JADA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (8/5/2025) menunjukkan sepanjang periode Januari – April 2025, Honda N-Box terjual 73.712 unit. Jumlah ini meningkat 6,4 persen dibanding total penjualan selama periode sama di tahun 2024.
Mobil mungil Honda itu kembali bercokol di urutan pertama dalam daftar mobil yang paling banyak terjual di Jepang selama empat bulan pertama tahun ini. Penjualannya, jauh lebih banyak ketimbang Toyota Yaris (di dalamnya termasuk Yaris Cross) yang laku 63.243 unit (naik 12,9 persen dibanding Januari – April 2024).
Penjualan Honda N-Box juga jauh mengungguli Suzuki Spacia yang laku sebanyak 60.399 unit, naik 6,4 persen dibanding periode Januari – April 2024. Dengan penjualan sebanyak itu, mobil mungil Suzuki ini bertengger di urutan ketiga terlaris.
Fakta data berbicara, sebelumnya di periode Januari – Maret atau kuartal pertama 2025 Honda N-Box berada di urutan pertama terlaris dengan penjualan sebanyak 58.844 unit. Dia dibayangi Toyota Yaris (termasuk Yaris Cross) yang berada di urutan kedua dengan penjualn sebnayk 47.985 unit..
Sedangkan Suzuki Spacia ynag bertengger di urutan ketiga mengoleksi angka penjualan sebanyak 47.063 unit. Jumlah penjualan mobil ini naik 6,4 persen dibanding kuartal pertama 2024.
Dominasi Honda N-Box di negaranya sendiri itu juga telah terjdi di tahun 2024 dengan jumlah penjualan yang dibukukannya sebanyak 206.272 unit. Titel sebagai raja penjualan itu juga sudah disandangnya pada tahun 2022 dan bahkan di tahun 2021.
Sekadar informasi, sepanjang Januari – April 2025, jumlah mobil yang terjual di Jepang mencapai 1.628.227 unit. Jumlah ini melonjak 13 persen dibanding total penjualan selama periode sama di tahun lalu. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id