Bisnis

Fuso Masih Juarai Penjualan Ritel Truk di Indonesia Januari – September 2025

×

Fuso Masih Juarai Penjualan Ritel Truk di Indonesia Januari – September 2025

Share this article
Ilustrasi, salah satu varian model truk Mitsubishi Fuso yang dipasarkan di Indonesia - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Secara nasional di pasar kendaraan bermotor roda empat atau lebih Mitsubishi Fuso juga menggenggam pangsa pasar terbesar diantara pabrikan kendaraan komersial selama periode Januari – September 2025. Khususnya dalam penjualan kendaraan dari dealer ke konsumen (penjualan ritel).

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Senin (13/10/2025) memperlihatkan di periode sembilan bulan pertama alias tiga kuartal pertama 2025 tersebut, jumlah truk Mitsubishi Fuso yang dipasarkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) yang terjual ke konsumen mencapai 17.908 unit. Dengan penjualn ritel sebanyak itu, Mitsubishi Fuso meraup 3,1 persen pangsa pasar di pasar pasar kendaraan bermotor roda empat atau lebih .

Merek berlambang tiga berlian itu sekaligus memimpin penjualan di segmen kendaraan niaga (gabungan penjualan truk, bus, dan mini truck) di Tanah Air. Sekadar informasi di sembilan bulan pertama 2025 itu, total penjualan ritel mobil secara nasional 585.917 unit, anjlok 10,9 persen dibanding periode sama di tahun lalu yang masih sebanyak 657.448 unit.

Salah satu varian model treuk ringan Mitsubishi Fuso – dok.Mobilitas

Berikut data lengkap pabrikan penjual kendaraan niaga tersebut, khususnya penjualan ritel selama Januari – September 2025 dan pangsa pasar yang digenggamnya :

Mitsubishi Fuso : 17.908 unit, pangsa pasar 3,1 persen
Isuzu : 17.508 unit, pangsa pasar 3,0 persen
Hino : 14.934 unit, pangsa pasar 2,5 persen
UD Trucks : 1.021 unit, pangsa pasar 0,2 persen
FAW : 768 unit, pangsa pasar 0, 1 persen
Scania: 355 unit, pangsa pasar 0, 1 persen
Sumber: Gaikindo, 2025. (Jrr/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id