Gegara Dua Sistem Ini Error, Tesla Recall 1,1 Juta Mobil di Cina

0
1207
Tesla Model X tahun 2021 - dok.Istimewa via The Car Connection

Beijing, Mobilitas – Lembaga Pemerintah Cina untuk Regulasi Pasar menyebut, mobil yang ditarik terdiri dari mobil Tesla asal impor maupun buatan lokal Cina.

Seperti dilaporkan People Daily dan SinoAuto, belum lama ini, penarikan (recall) mobil yang ditengarai bermasalah telah berlaku secara efektif pada 29 Mei lalu. “Mobil yang ditarik (recall) terdiri dari Tesla Model S, Tesla Model X, Tesla Model 3 dari impor, maupun Tesla Model 3 dan Model Y yang diproduksi di Gigafactory Shanghai (buatan lokal Cina),” bunyi keterangan lembaga itu.

Hasil penyelidikan lembaga itu menyebut, semua mobil yang masuk dalam daftar recall diketahui mengalami masalah pada sistem informasi yang semestinya tersaji untuk pengguna kendaraan kala mereka mengemudikan mobil tersebut. Karena sistem error, maka pengemudi tidak mengetahui kapan seharusnya melakukan pengereman regeneratif.

Selain itu, pengemudi juga tidak mendapatkan peringatan kapan saatnya tidak menginjak pedal gas dalam-dalam. Bahkan, karena tidak adanya peringatan itu, maka pengemudi akan tetap menginjak pedal gas dalam-dalam.

Tesla Model Y – dok.InsideEVs

“Akibatnya, potensi risiko kecelakaan pun meningkat. Sehingga membahayakan keselamatan diri maupun orang lain di jalan,” sebut Lembaga Regulasi Pasar Cina itu.

Model 3 dan Model Y buatan Cina saat ini menjadi mobil andalan Tesla untuk dijajakan di berbagai belahan dunia, selain di pasar lokal Negeri Tirai Bambu itu. Data Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Sabtu (13/5/2023) menunjukkan, sepanjang 2022 lalu, mobil Tesla buatan pabrik Tesla di Shanghai, Cina, menyumbang 54,1% ke total penjualan.

Pada tahun tersebut, pabrikan mobil listrik besutan Elon Musk ini berhasil melego 1.313.851 mobil listrik di seluruh dunia. Dari jumlah itu, 710.865 unit berasal dari Cina, atau mobil Tesla buatan pabrik Shanghai.

Sedangkan di Januari – Maret 2023 ini, Tesla menjual 137.429 mobil listrik di Cina. Sementara di bulan April, 39.956 mobil Tesla terjual di negeri itu. (Swe/Aa)