GIIAS 2023: 5.796 Mobil Toyota Dipesan Konsumen, Avanza dan Veloz Terbanyak

0
1104
Toyota All New Avanza - dok.TAM

Tangerang, Mobilitas – Hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung 10 – 20 Agustus 2023 di ICE Serpong, Tangerang, menjadi ajang bagi konsumen memburu kendaraan baru.

Agen Pemegang Merek (APM) pabrikan yang turut serta di pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara ini pun meraup pesanan dari mereka. Termasuk mobil Toyota yang dihadirkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Keterangan resminya yang diterima Mobilitas, di Jakarta, Senin (21/8/2023) menyebut TAM mengaku telah menerima 5.796 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Dari jumlah tersebut, Toyota Avanza dan Toyota Veloz yang paling banyak terpesan.

“Selama event berlangsung duo generasi terbaru Avanza – Veloz sebagai mobil favorit keluarga Indonesia memimpin penjualan dengan SPK 1.213 unit atau 20,9 persen (dari total SPK yang diterima),” ungkap Vice President PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Sementara di tempat kedua, All New Kijang Innnova Zenix 823 unit (14,2 persen) dengan komposisi varian Hybrid terpesan paling banyak, yakni 80 persen lebih dari total SPK. Disusul low cost green car Toyota Calya yang sebanyak 816 unit (14,1 persen dari total SPK) dan All New Agya 648 unit (11,2 persen), serta produk terbaru All New Alphard 382 unit (6,6% persen).

Toyota Kijang Innova Zenix yang dipamerkan di GIIAS 2023 – dok.TAM

“Terima kasih atas kepercayaan pengunjung GIIAS 2023 yang telah menjadikan Toyota sebagai kendaraan pilihannya di event GIIAS 2023,” ujar Henry.

Sekadar informasi, sepanjang Januari – Juli tahun 2023 ini, Toyota masih menjadi pabrikan yang membukukan penjualan – baik ke diler (wholesales) maupun penjualan ke konsumen (penjualan ritel) – terbanyak. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Senin (21/8/2023) selama tujuh bulan pertama itu Toyota meraup angka wholesales sebanyak 190.305 unit.

Jumlah itu meningkat 6,4 persen dibanding periode sama di tahun 2022. Dengan jumlah penjualan itu, merek ini menggenggam 32,5 persen pangsa pasar wholesales mobil di Tanah Air.

Pada saat yang sama, total angka penjualan ritel yang diserok Toyota mencapai 182.738 unit, naik 5,8 persen dibanding tujuh bulan pertama di 2022. Total penjualan tersebut sekaligus menjadikan Toyota menguasai pangsa pasar penjualan ritel mobil di Indonesia hingga 31,6 persen. (Din/Aa)