Honda Kenalkan Civic Si Terbaru, Mesin hingga Suspensi Direvisi

0
1353
Honda Civic Si model baru - dok.Istimewa via Carscoops

California, Mobilitas – Seperti yang telah diworo-worokannya belum lama ini – melalui ranah maya dan media sosial – Honda Motor akhirnya benar-benar memperkenalkan versi terbaru dari sedan Honda Civic Si. Pabrikan asal Jepang itu mengklaim, versi anyar ini mengusung sejumlah keunggulan mulai dari performa mesin, teknologi kenyamanan berkendara, hingga fitur penunjang yang melengkapinya.

Seperti dilaporkan laman laman All About Hot Cars dan Carscoops, Rabu (20/10/2021), Honda menyatakan di Civic Si paling gres alias paling anyar ini, pihaknya menampilkan teknologi rev-matching. “Teknologi ini sama dengan yang digunakan oleh Honda Civic Type R,” bunyi pernyataan pabrikan itu.

Civic Si anyar ini memang mengusung mesin yang sama dengan versi lawas, yakni mesin bensin 1.5 liter turbo. Bahkan, semburan tenaganya lebih rendah yaitu hanya 200 hp (versi lawas 205 hp), meski torsi puncaknya sama di 260 Nm.

Tampilan bagian samping Honda Civic Si – dok.Istimewa via Carscoops

“Tetapi, pengiriman dayanya lebih baik dari versi pendahulunya. Torsi puncak terjadi pada 300 rpm lebih cepat dari sebelumnya, sehingga memungkinkannya meluncur lebih baik,” jelas Honda.

Begitu dengan tenaga hingga tingkat tertinggi alias tenaga tingkat maksimal (200 hp) terjadi pada rentang putaran mesin 6.000 rpm. Ini lebih cepat dibanding model sebelumnya yang pencapaian tenaga maksimalnya di 6.500 rpm.

“Mesin juga memiliki respons yang lebih cepat berkat flywheel baru yang bobotnya lebih ringan 26% dari model Civic Si sebelumnya. Suaranya juga lebih baik berkat sistem knalpot peredam suara dual-coil yang meningkatkan aliran gas hingga 27% (dibanding Honda Civic Touring),” klaim Honda.

Interior bagian depan Honda Civic Si versi terbaru – dok.Istimewa via Carscoops

Penyaluran semburan tenaga ke roda menggunakan transmisi manual enam tingkat percepatan. Penggunaan treansmisi ini diklaim memberikan sensasi tersendiri bagi penggila mobil dengan performa tinggi.

Terlebih transmisi manual enam kecepatanini juga menampilkan shifter yang lebih kaku dengan rasio 10% lebih pendek. Keunggulan itu tersaji berkat sistem rev-matching Civic Type R.

Suspensi juga direvisi
Ubahan lain yang dilakukan Honda untuk menyuguhkan Civic Si terbaru dalam kualitas unggul adalah merevisi perangkat sistem suspensi. Pegas depan dibuat 8% lebih kaku dibanding pegas yang sama di versi lawas, dan pegas belakang dibuat 54% lebih kaku dibanding pegas Honda Civic model 2022 tipe standar.

Tuas transmisi Honda Civic Si model terbaru – dok.Istimewa via Carscoops

Peredam depan besuatan MacPherson telah disetel khusus yakni diperkuat di dudukan atas untuk membuatnya nayman ketika menikung. Sementara stabilizer bar digunakan yang lebih tebal di bagian depan dan belakang dengan tujuan untuk membantu meminimalkan body roll.

Sedangkan untuk pengeremannya Civic Si anyar ini mendapat rem yang lebih besar, dengan rotor 12,3 inci di depan dan rotor 11,1 inci di belakang. Artinya, masing-masing lebih besar 1,2 inci dan 0,9 inci.

Tak lupa, Honda juga melakukan ubahan pada bumper depan atas sehingga tampilannya terkesan lebih agresif. Kemudian bumper belakang dimodifikasi untuk memungkinkan tampilnya dua ujung knalpot Si terlihat lebih menonjol.

Jok depan Honda Civic Si versi terbaru – dok.Istimewa via Carscoops

Honda juga mengoptimlakan kehadiran spoiler depan, meski lokasinya tersembunyi di bawah kendaraan dan spoiler belakang hitam gloss yang dipasang di atas tutup bagasi menambah downforce untuk meningkatkan stabilitas kecepatan tinggi. Sementara, trim hitam gloss pada tutup spion membuat Civic Si model 2022 ini terlihat lebih menarik.

Namun untuk lampu depan dan belakang LED masih standar. Begitu pula velg palang sepuluh berukuran 18 inci yang dilapisi cat hitam matte khusus.

Tampilan bagian belakang Honda Civic Si versi terbaru – dok.Istimewa via Carscoops

“Civic Si merupakan ikon yang menawarkan performa tinggi dengan harga terjangkau selama empat dekade. Dan kini Honda Civic Si anyar ini akan melanjutkan warisan itu,” kata Executive Vice President National Operation Honda Amerika, Dave Gardner.

Hanya, dia belum memberikan informasi soal harga. Sebab, kata dia, Honda Civic Si anyar ini akan tersedia dalam waktu dekat. (Fan/Din/Aa)