Impor Mobil CBU Indonesia Melonjak, Toyota Terbanyak

0
1091
Toyota Alphard yang diimpor secara utuh oleh Toyota Indonesia dari Jepang- dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Impor mobil utuh (CBU) selama Januari hingga September tahun ini melonjak.

Data impor kendaraan bermotor roda empat (mobil) di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, Sabtu (15/10/2022), selama sembilan pertama itu total mobil CBU yang diimpor Indonesia mencapai 59.125 unit. Jumlah ini melonjak 57,6% dibanding jumlah impor selama periode sama di 2021, yang sebanyak 37.504 unit.

Merek paling banyak mengimpor selama tiga kuartal pertama itu adalah Toyota. ADa beberapa model yang diimpor Toyota Indonesia, di antaranya Hilux dan Alphard dengan total 14.130 unit. Rinciannya, Toyota Hilux 10.507 unit dan Toyota Alphard sebanyak 3.623 unit.

Sementara, Mitsubishi Motors mengimpor terbanyak kedua dengan total 10.440 unit. Jumlah ini merupakan impor pikap double cabin Mitsubishi Triton, yang didatangkan secara utuh dari Thailand.

Hyundai Palisade – dok.JD Power

Pengimpor terbanyak ketriga adalah PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) yang mendatangkan SUV Hyundai Palisade dalam wujud CBU sebanyak 1.577 unit. Mobil tersebut diimpor secara utuh dari Korea Selatan.

Sedangkan PT Daimler Commercial Vehichles Indonesia atau distributor kendaraan komersial Mercedes-Benz mencatatkan impr terbanyak keempat, dengan total 1.571 unit. Kendaraan yang diimpor adalah truk Axor, Actros, dan Arocs. (Jrr/Aa)