Ingin Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi? Cek 8 Bagian Ini

0
1227
Perawatan mobil di bengkel resmi Auto2000 - dok.Auto2000

Jakarta, Mobilitas – Jumlah pemudik lebaran tahun ini diprediksi mencapai 123,8 juta orang, dimana pengguna mobil pribadi mencapai 22,07%.

Perkiraan tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dirilis beberapa waktu lalu. “Pengguna mobil pribadi diperkirakan mencapai 27,32 juta orang atau 22,07% dari total jumlah pemudik,” bunyi keterangan Badan tersebut.

Mengingat banyaknya jumlah pemudik dengan kendaraan pribadi itu, maka mempersiapkan mobil sebelum digunakan menempuh perjalanan jauh harus dilakukan. Sebab, berbagai kemungkinan bisa terjadi seiring padatnya lalu-lintas, termasuk kemacetan dan gangguan pada mobil akibat terjebat di kepadatan lalu.

Oleh karena pengecekan komponen-komponen penting harus mendapatkan prioritas. Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, dalam keterangan resmi yang diterima Mobilitas, di Jakarta, Selasa (11/4/2023) memberi saran untuk mengecek delapan bagian di mobil sebelum berangkat mudik.

Ilustrasi, minyak pelumas atau oli kendaraan bermotor – dok.Machinery Lubricant

Komponen atau bagian yang wajib diperiksa itu adalah:
1. Ban Mobil. Pastikan ban dalam kondisi siap pakai, seperti telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan tekanan angin terjaga.
2. Oli Mobil. Periksa kondisi semua oli pada mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan.
3. Filter Mobil
Periksa kondisi saringan atau filter pada mobil, seperti filter oli, filter udara, filter bensin, termasuk filter kabin atau filter AC yang sering terlupakan
4. Sistem Suspensi
Ada 3 bagian pada kaki-kaki mobil, yakni penerus daya, kemudi, dan peredam guncangan atau shock absorber. Saat perjalanan mudik, seluruh bagian kaki-kaki bekerja keras karena beban muatan yang penuh dan kondisi jalan yang dinamis.
5. Rem Mobil. Lakukan pengecekan mulai dari minyak rem dan segera ditambah kalau berkurang.
6. Lampu Mobil
Cek kondisi lampu utama, lampu kabut, lampu rem dan juga lampu sein, apakah masih bagus atau sudah mulai redup. Termasuk cek soket lampu dan segera ganti lampu yang mulai bermasalah.
7. Aki Mobil
Aki merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga, pun ada risiko masalah seperti korsleting listrik kalau sampai abai dirawat.
8. Cairan Mobil
Air radiator berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil, terlebih saat perjalanan jauh. Pastikan air pada tangki air radiator tidak kurang dari batas maksimal dan tidak ada kebocoran di salurannya. (Jrr/Aa)