Ini Alasan di Balik Peluncuran Hyundai Creta Dynamic Black Edition

0
1412
Ilustrasi, Hyundai Creta Dynamic Black Edition - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan Hyundai Creta Dynamic Black Edition.

Peluncuran digelar di hajatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JiExpo, Jakarta,Kamis (16/2/2023). “Peluncuran ini untuk menandai ulang tahun pertama mobil yang menyumbangkan penjualan terbanyak di Indonesia,” ungkap President Director HMID,WooJune Cha.

Tampilan mobil ini didominasi warna hitam. Mulai dari bodi dan pelek yang dilabur warna hitam. Bahkan,aksen chrome silver pun diubah menjadi dark chrome yang jauh lebih gelap.
Begitu pula dengan grille, DRL, roof rail, serta lambang Hyundai di bagian depan dan belakang mobil yang kini menjadi warna gelap.

“Dengan konsep ‘Those who love black, live colourful lives,’ tema hitam memberikan kesan gagah dan tangguh,” ujar Chief Operating Officer HMID, Makmur.

Spesifikasi Hyundai Creta Dynamic Black Edition ini sama dengan model basisnya atau Hyundai Creta reguler. Dia bermesin bensin 1.5 liter yang bertenga 115 hp pada 6.300 rpm dengan torsi maksimal 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi otomatis IVT.

Tampilan bagian belakang Hyundai Creta Dynamic Black Edition – dok.Mobilitas

“Harga mobil ini Rp 350 juta on the road Jakarta. Dan sudah tersedia di diler Hyundai di seluruh Indonesia,” kata Makmur.

Soal pilihan tema Black Edition itu, Makmur yang ditemui Mobilitas usai peluncuran mengatakan, karena hingga saat ini konsumen penggemar SUV Indonesia masih menyukai warna hitam. “Karakter ini dinilai mewakili karakter yang macho, tangguh, dan berwibawa,” kata dia.

Hasil riset yang dilakukan HMID, lanjut Makmur, menunjukkan, pemilik Creta banyak yang memberikan masukkan soal konsep tampilan Creta di masa mendatang. “Untuk merespon masukkan tersebut, kita hadirkan edisi spesial ini. Apalagi, Creta merupakan model Hyundai terlaris di Indonesia,” ucap dia.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Kamis (16/2/2023) menunjukkan, pada 2022 HMID menjual 30.193 mobil ke konsumen (ritel) dan ke diler (wholesales) mencapai 31.965 unit. Dari jumlah itu, 50% lebih merupakan Hyundai Creta. (Jar/Aa)