Ini Cara Fuso Indonesia Cegah Kecelakaan Truk di Jalan

0
1206
Ilustrasi, kontes keterampilan mengemudi para pengemudi truk Fuso - dok.PT KTB

Jakarta, Mobilitas – Bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) keamanan dan keselamatan penting bagi pengemudi maupun pengguna jalan lain.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut PT KTB merangkul para pengemudi truk Mitsubishi Fuso. PT KTB memberikan sosialisasi dan edukasi kepada mereka tentang kaidah dan etika berkendara yang aman dan nyaman bagi diri sendiri dan orang lain.

Acara itu dikemas dalam Fuso Driver Gathering 2023 dan dilangsungkan di area parkir Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat, 18 – 19 Maret 2023. Tak kurang dari 100 orang pengemudi truk Fuso di wilayah Jakarta-Bogor –Depok-Tangerang- Bekasi hadir dan berpatisipasi di acara ini.

“Tujuan kita selain untuk mempererat tali silaturahmi dan komunikasi dengan para driver dan end user (pemilik) kendaraan truk Fuso, gelaran ini juga untuk berbagi informasi terkait bagaimana cara berkendara yang aman atau dengan aspek keselamatan yang tinggi. Ada dua aspek yang kami tekankan yakni safey dritving dan defensive driving, bukan safety driving semata,” ungkap General Manager Business Communication PT KTB, Sudaryanto, saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Pasalnya, defensive driving menekankan pada bagaimana mengemudi yang tidak membahayakan pengguna jalan lainnya. Sementara, safety driving untuk keamanan dan keselamatan pengemudi.

“Sehingga keduanya kita padukan, dan harus dipraktikkan oleh para pengemudi truk Fuso, sehingga bukan saja aman bagi diri sendiri tetapi juga orang lain yang tengah menggunakan jalan bersama mereka,” papar Totok.

Peserta kompetisi keterampilan mengemudi para pengemudi truk fuso – dok.PT KTB

Untuk mengukur tingkat kemampuan sekaligus mengedukasi para pengemudi itu, di acara yang berlangsung 18 – 19 Maret 2023 itu, juga digelar kontes keterampilan mengemudi para pengemudi itu.

“Unsur-unsur defensive driving kita ujikan seberapa besar mereka praktikan. Misalnya, tidak menggunakan ponsel saat mengemudi, memberikan tanda-tanda saat kondisi darurat, bermanuver, dan sebagainya,” jelas Totok.

PT KTB yang menggandeng ahli dari Indonesia Driving Institute juga memberikan kesempatan para pengemudi untuk belajar mengemudikan truk FUSO Euro4 dengan benar dan aman. Ada empat kategori yang dilombakan yaitu Best Maneuver Challenge, Best Parking Challenge, Best Safety Driving and Best Time Trial.

“Melalui acara ini kami juga bisa berbagi pengetahuan teknis tentang produk FUSO Euro4 secara langsung dengan para pengemudi. Bahkan, mendapatkan masukan yang jujur mengenai produk kami langsung dari mereka,” tandas Totok. (Aa)