Ini Cara Memarkir Mobil Secara Paralel yang Mudah dan Aman

0
1189
Ilustrasi, cara memarikir mobil secara paralel yang baik dan benar - dok.PT SIS

Jakarta, Mobilitas – Seorang pengemudi mobil terkadang mau tidak mau harus memarkir mobilnya secara paralel, karena tidak ada lagi ruang yang tersedia.

Padahal, bagi sebagian orang, formasi parkir seperti itu dirasa menyulitkan. Terlebih jika ruang yang tersedia berada persis di tengah-tengah antara dua mobil yang telah terlebih dulu parkir dan dengan jarak yang mepet.

Oleh karena itu dibutuhkan keterampilan dan teknik tersendiri untuk melakukannya. Penggunaan fitur bantuan parkir di mobil berupa kamera dan sensor juga sangat membantu dalam situasi seperti itu.

Untuk mempraktikan teknik parkir paralel yang aman dan mudah, Ketua Indonesia Parking Association (IPA) Rio Octaviano dalam keterangan resmi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang diterima Mobilitas, di Jakarta, belum lama ini, memberikan tips parkir paralel sebagai berikut:

Pertama, pastikan lokasi parkir dan posisi mobil. Sebelum memarkir, pastikan lokasi yang akan Anda gunakan benar-benar lokasi parkir paralel. Caranya, dengan melihat tanda atau marka yang ada.

Setelah itu, periksa jarak antara mobil yang parkir di depan maupun belakang dari ruang atau lokasi parkir yang akan Anda tempati.

Kedua, berikan tanda dengan lampu jika ada mobil lain yang akan melintas. Jika pada saat Anda akan melakukan parkir paralel dan kebetulan ada mobil yang ingin melintas di lajur yang sama dengan Anda, sebaiknya nyalakan lampu hazard.

Ilustrasi, mobil yang diparkir secara paralel – dok.PT SIS

Hal ini untuk memberikan tanda bahwa Anda sedang ingin memarkir mobil.Sehingga, pengemudi mobil tersebut menahan diri dan memberi ruang yang leluasa Anda dan mereka juga tidak mengalami kesulitan.

Ketiga, masuk dengan cara mundur. Dengan cara mundur terkebih dahulu, Anda akan lebih mudah melakukan pengaturan posisi mobil lurus dengan mobil di depan maupun belakang dengan mudah.

Mundur lalu maju sedikit demi sedikit akan lebih mudah dilakukan dengan cara seperti itu.

Keempat, gunakan teknik angka 8. Cara ini diyakini dapat membantu memarkir mobil secara paralel dengan mudah. Mulai dari posisi awal yang sejajar dengan mobil di samping, lalu putar kemudi ke arah kiri atau kanan tergantung dari lokasi parkir paralel dan kemudian berjalan mundur hingga sudut belakang mobil Anda mencapai sudut parkir.

Kemudian, putar balik kemudi ke arah berlawanan dan maju perlahan hingga mobil Anda berada sejajar di tempat parkir paralel.

Kelima, perhatikan saat menginjak rem dan gas. Berhati-hatilah dalam menginjak pedal rem dan gas. Hindari menginjak pedal gas terlalu dalam agar pergerakan mobil tidak agresif.

Keenam, sering berlatih. Semakin sering Anda memarkir mobil secara paralel, semakin mudah pula Anda melakukannya. Latihan yang rutin bisa membantu Anda memperbaiki teknik dan menjadi lebih percaya diri saat memarkir mobil secara paralel. (Jrr/Aa)