Kemenhub Prediksi 79 Juta Orang Mudik Lebaran, Tak Ada Penyekatan

0
1222
Ilustrasi, mengemudi di jalan tol - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan tidak akan ada penyekatan arus mudik selama musim mudik lebaran tahun 2022 ini. Meski begitu, petugas dari Kementerian Perhubungan bersama aparat lembaga lain (Polri, Kementerian Kesehatan, TNI, serta Pemerintah Daerah) tetap akan melakukan pengecekan secara acak penerapan prtokol kesejatan (Prokes).

“Aparat akan melakukan random check (pengecekan acak) di titik-titik tertentu. Seperti di rest area, terminal, dan jembatan timbang, dalam upaya memastikan penerapan prokes berjalan dengan baik, dan juga mendorong tingkat vaksinasi,” papar Menhub dalam keterangan hasil rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran 2022 bersama Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Budi menyebut, surat edaran terkait dengan kebijakan mobilitas masyarakat menjelang lebaran itu segera diterbitkan. Terkait dengan aspek keselamatan, sejumlah upaya yang akan dilakukan Kemenhub.

Ilustrasi, calon penumpang bus Antar Kota Antra Provinsi – dok.Istimewa

“Antara lain kami akan melakukan ramp check kelaikan transportasi massal dan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada awak transportasi,” ujar Menhub.

Sedangkan untuk menjaga keamanan dan kelancaran, sejumlah upaya telah disiapkan antara lain manajemen rekayasa lalu lintas dan pengaturan terhadap kendaraan barang seperti. Kemudian, dilakukan pembatasan kendaraan barang sumbu tiga dan pembatasan waktu operasional kendaraan barang.

“Kami tegaskan kembali, tidak ada penyekatan mobilitas masyarakat maupun arus kendaraan,” kata dia.

Ilustrasi, bus Gunung Harta – dok.Istimewa

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, yang dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Sabtu (2/4/2022) mengatakan, pihaknya juga tengah menyiapkan skenario manajemen arus lalu-lintas [ada saat mudik lebaran nanti. Pasalnya, kata dia, tahun ini jumlah pemudik diperkirakan melonjak, dan dari mereka banyak yang menggunakan srana transportasi darat.

“Hasil survei Balitbang Kemenhub diperkirakan 79 juta orang akan mudik pada lebaran tahun 2022 ini. Maklum, karena selama dua tahun kan ada pembatasan perjalanan. Sekarang longgar, sehingga perlu disiapkan antisipasi,” kata dia. (Yus/Aa)