Bisnis

Kia Sorento, Mobil Terlaris di Korea pada Semester Pertama 2025

×

Kia Sorento, Mobil Terlaris di Korea pada Semester Pertama 2025

Share this article
Kia Sorento di Korea - dok.Istimewa via Autoblog

Seoul, Mobilitas – Selama periode Januari – Juni alias semester pertama tahun 2025 ini, Sport Utility Vehicle (SUV) Kia Sorento hybrid penjualannya meningkat 3,9 persen dibanding periode sama di tahun 2024.

Data Asosiasi Dealer Mobil Korea (KADA) dan Asosiasi Pabrikan Mobil Korea (KAMA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Minggu (13/7/2025) menunjukkan di periode semester pertama 2025 itu Kia Sorento hybrid laku sebanyak 36.742 unit. Sementara, di Januari – Juni 2024, mobil itu terjual sebanyak 35.360 unit.

Bahkan dengan  total penjualan (gabungan konvensional dan hybrid0 sebanyak 51.129 unit Sorento juga menjadi mobil terlaris di negerinya sendiri itu. Dia diikuti saudaranya, Kia Carnival yang laku sebanyak 42.469 unit.

“Setelah versi facelift diluncurkan pada 2023 lalu, penjualan varian hybrid terus menanjak naik dan stabil. Termasuk di enam bulan pertama 2025 ini kecuali pada bulan Mei dimana Sorento hybrid tidak mendominasi pasar, karena hanya terjual sebanyak 5.975 unit. Sorento terus mendominasi pasar domestik dengan harga yang terjangkau dan daya saing produk yang sangat baik,” ungkap anlis industri di Bursa Saham Korea, Lee Jeo Sung yang dikutip The Korea Economic Herald.

Kia Sorento Hybrid – dok.Youtube via Kia Cerritos

Dengan penjualan sebanyak itu, Kia Sorento hybrid menjadi mobil hybrid terlaris di segmennya pada periode enam bulan pertama 2025. Segmen pasar hybrid, lanjut Lee Jeo Sung, di Korea saat ini merupakan segmen yang paling dinamis.

“Sebab masyarakat ingin mengikuti tren elektrifikasi sarana mobilitas plus insentif maupun stimulan yang diberikan oleh pemerintah, namun tetap merasakan sensasi berkendara mobil konvensional yang memiliki karakteristik performa yang khas. itulah yang diberikan mobil hybrid,” ujar Lee.

Terlebih di Korea, peminat mobil berteknologi ini merupakan orang-orang muda dan kelas menengah. Kelompok ini merupakan segmen pasar terbesar di Negeri Ginseng tersebut. (Jrr/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id