Mercedes Pusing: Mau Recall 800 Ribu Mobil, Stok Komponen Kosong

0
1355
Kantor Mercedes-Benz - dok.CNET

Berlin, Mobilitas – Pabrikan mobil mewah Mercedes-Benz dikabarkan telah mengirim surat kepada pemilik mobil diesel produksi Januari 2017 dan Oktober 2021 yang dibuatnya untuk waspada karena mobil tersebut rawan terbakar, sehingga perlu ditarik (recall). Gegaranya, pompa coolant radiator mobil tersebut diketahui bocor dan berpotensi memicu kebakaran.

Seperti diwartakan Reuters, Rabu (15/1/2022) kabar ini pertamakali diungkap surat kabar Jerman Bild pada Selasa (4/1/2022). “Ratusan ribu mobil Mercedes yang diproduksi antara Januari 2017 dan Oktober 2021 itu mungkin memiliki pompa pendingin (radiator) yang bocor. Dalam kasus yang jarang terjadi, ini dapat menyebabkan naiknya suhu yang sangat tinggi secara drastis, sehingga meningkatkan risiko kebakaran,” tulis media itu.

Bild dalam beritanya itu juga menyertakan surat yang dikirim Mercedes ke pemilik mobil yang terkena dampak tersebut. Menurut Reuters, perusahaan Jerman telah mengkonfirmasi surat itu asli dan juru bicara Mercedes-Benz juga mengkonfirmasi masalah tersebut.

Ilustrasi, Mercedes-Benz GLS 2021 – dok.Istimewa

“Kendaraan (mobil) yang mengalami masalah ini harus dikendarai dengan cara yang sangat hati-hati dan penggunaan sebaiknya dikurangi seminimal mungkin,” demikian bagian dari isi surat tersebut.

Jumlah mobil yang harus ditarik sebanyak itu, mungkin bagi Mercedes bukanlah perkara serius dibanding jumlah produksi dan populasi mobil yang ada, bahkan dibanding keuntungan yang diraup pabrikan. Namun, persoalan tak sesederhana yang dikira karena sukucadang atau komponen untuk penggantian bagi mobil yang bermasalah itu, hingga saat ini tidak ada.

Mengutip beberapa sumber Bild menyebut pembuat mobil tidak memiliki suku cadang yang dibutuhkan untuk penggantian dan tidak dapat segera memulai penarikan, karena gangguan terkait virus pandemi corona di jaringan pemasok. Sehingga, proses penarikan baru akan dilakukan setelah komponen tersedia, itu pun tidak jelas kapan mulai dilakukan.

Ilustrasi, emblem Mercedes-Benz – dok.Boston.com

Adapun mobil yang ditengarai mengalami masalah ini adalah Mercedes-Benz GLE/GLS model tertentu, C-Class, E-Class, S- Class, GLC, CLS, dan G-Class. Semua mobil yang bermasalah itu bermesin diesel. (Fan/Aa)