Mobil Merek Ini Paling Laku Dibeli Konsumen RI

0
1276
Daihatsu Sigra - dok.Daihatsu Bojonegoro via YouTube

Jakarta, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga Maret atau kuartal pertama tahun ini, total penjualan kendaraan bermotor roda empat untuk penumpang (mobil dan tidak termasuk kendaraan komersial) ke konsumen tercatat meningkat. Kebutuhan transportasi untuk lebaran serta insentif perpajakan berupa diskon tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) turut menjadi pemicu pembelian.

Data penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan dikutip Mobilitas, Rabu (27/4/2022) menunjukkan, total penjualan mobil ke konsumen (ritel) yang berhasil dikoleksi pada saat yang sama, tercatat sebanyak 238.377 unit. Jumlah ini melonjak 33,6% dibanding kurun waktu yang sama pada tahun 2021 lalu.

“Setelah dua tahun yaitu tahun 2020 dan 2021 masyarakat yang tidak bisa musdik lebaran karena kondisi pandemi, tahun ini diperbolehkan mudik. Dan kabar soal tidak dilarangnya mudik ini sudah mulai berhembus pertengahan tahun lalu, sehingga masyarakat pun menyiapkan kendaraan untuk mudik. Selain itu, mulai terkendalinya pandemi yang seiring dengan massifnya vaksinasi juga menjadikan kegiatan mobilitas masyarakat meningkat, sehingga kebutuhan kendaraan juga naik,” papar Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Mitsubishi New Xpander di GIIAS 2021 – dok.Istimewa

Terlebih, lanjut Jongkie, pemerintah juga melanjutkan kebijakan insentif perpajakan berupa diskon tarif PPnBM. Pemangkasan tarif pajak itu dirasakan menjadi peluang untuk membeli mobil oleh masyarakat, karena meringankan secara finansial di tengah kondisi ekonomi yang masih tertekan oleh dampak pandemi.

“Apalagi, kita tahu secara PDB perkapita (pendapatan per kapita) masyarakat Indonesia itu dsya belinya mayoritas masih di mobil dengan harga Rp 250 juta ke bawah,. Dan kebetulan mobil-mobil ini yang paling banyak mendapatkan insentif itu. Apalagi, merek-merek yang ada banyak yang meluncurkan model-model baru di jajaran mobil seharga itu, jadi klop,” ungkap Jongkie.

Sementara, data berbicara, ada 10 merek mobil (sekali lagi, ini merek yang menawarkan mobil alias kendaraan penumpang dan niaga tingan yang masih dalam kategori mobil) yang terbanyak menjual unit langsung ke konsumen (ritel). Data dihimpun dari awal Januari hingga akhir Maret 2022.

Mobil Suzuki Indonesia yang diekspor ke Vietnam – dok.Istimewa

Mereka adalah:
Toyota: 75.028 unit
Daihatsu: 46.946 unit
Mitsubishi: 31.242 unit
Honda: 25.759 unit
Suzuki: 21.230 unit
Wuling: 6.132 unit
Hyundai: 4.052 unit
Nissan: 1.143 unit
Mercedes: 938 unit
DFSK: 644 unit
Sumber: Gaikindo, 2022. (Din/Aa)