Mobil Nganggur Saat Lebaran, Lakukan Perawatan Ini Biar Tetap Tokcer

0
457
Ilustrasi, mengecek tingkatb ketebalan ulir di telapak ban - dok.Istimewa via Travelers Insurance

Jakarta, Mobilitas – Larangan mudik pada lebaran tahun ini yang ditetapkan oleh pemerintah menjadikan kegiatan ke luar kota tak bisa dilakukan, sehingga kendaraan atau mobil juga beristirahat di rumah. Jangka waktu pelarangan yang dimulai 6 Mei hingga 17 Mei, ada baiknya digunakan untuk melakukan perawatan mobil secara mandiri.

Agar mobil bisa diistirahatkan dengan aman dan tidak muncul permasalahan ketika akan kembali digunakan, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Untuk itu, Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara memberikan sarana sebagai berikut:

Memarkir mobil di garasi rumah – dok.Istimewa via Tiny House

Perhatikan Lokasi Parkir
Mobil dapat terhindar dari paparan panas sinar matahari dan air hujan yang bisa membuat cat mobil cepat kotor, kusam, dan memudar jika diparkir di dalam garasi atau carport. Manfaatkan car cover atau selimut mobil andai carport tidak ada atap.

Cuci mobil
Meski ditinggal di dalam rumah, mobil tetap bisa kotor oleh debu atau air hujan sehingga harus dibersihkan. Bagian dalam juga harus dibersihkan mengingat sering dipakai beraktivitas dan mencegah masuknya binatang liar.

Mencuci mobil – dok.Istimewa

Keluarkan barang pribadi
Keluarkan barang pribadi seperti kartu e-tol, kacamata, pemantik api, power bank, sepatu, dan barang berharga lainnya untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti kemalingan atau kebakaran.

Tambah tekanan angin ban
Sebaiknya mengisi tekanan angin seluruh ban mobil sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan sekitar 5 PSI. Sebab tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan lebih cepat berkurang.

Mengecek tekanan angin ban – dok.Finixx Tyre

Jangan gunakan rem parkir, isi tangki BBM
Sebaiknya hindari menggunakan rem parkir. Sebab kampas rem menempel kuat ke bagian dalam teromol dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama. Oleh sebab itu, lepaskan rem parkir dan gunakan wheel chock khusus pengganjal ban mobil.

Selain itu, isi tangki bahan bakar hingga penuh. Sebab, jika tangki dibiarkan kosong akan mengakibatkan oksidasi dan membuat karat timbul di dalam tangki bensin.

Mengisi BBM mobil – dok.Istimewa

Panaskan mesin
Mesin mobil harus dipanaskan seminggu dua kali selama 10 menit untuk mengisi arus aki dan oli mesin bersirkulasi. Jika perlu bawa mobil keliling lingkungan rumah agar ban berputar dan terhindar dari kerusakan akibat hanya bertumpu di satu titik.

Waspadai kebocoran
Lakukan pemeriksaan secara berkala ke seluruh bagian mobil. Bagian yang perlu dicek mulai dari ruang mesin, kabin, hingga bagian kolong untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Perbaiki Bodi dan rawat kabin kendaraan
Selagi tidak ada kegiatan rutin, sebaiknya dilakukan perbaikan bodi jika ada yang mengeluas, penyok, atau rusak. Begitu pula untuk bagian-bagian kabin.

Ilustrasi, perawatan mobil di Auto2000 – dok.Istimewa

“Momen libur Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan dan merawat mobil kesayangan agar kembali prima. Segera manfaatkan program Kilau Toyota Pilihan untuk memperbaiki bodi mobil dengan keuntungan diskon biaya jasa dan parts di Auto2000,” saran Imansyah. (Swe/Aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here