Jakarta, Mobilitas – Meski porsi pangsa pasar mobil mewah di Indonesia tidak sebesar mobil kelas menengah dan entry level, namun penurunan kinerja penjualannya cukup memberi andil terhadap anjloknya total penjualan mobil di Tanah Air.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Rabu (16/7/20250 menunjukkan, pada periode Januari – Juni 2025, jumlah mobil yang terjual dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) di Indonesia sebanyak 374.740 unit. Jumlah ini merosot 8,6 persen dibanding jumlah yang terjual pada periode sama di tahun lalu, yang mencapai 410.020 unit.
Fakta data juga berbicara, selama enam bulan pertama 2025 itu, sebagian besar merek mobil mewah – baik dari Eropa maupun Asia – penjualan terperosok. Mereka antara lain Mercedes-Benz, Bayeriche Motoren Werke (BMW), Lexus, Volvo, hingga Audi.
Mercedes-Benz yang tercatat sebagai merek mobil mewah dengan jumlah penjualan terbanyak alias terlaris, membukukan penjualan ritel sebanyak 1.354 unit. Jumlah itu ambrol 24,5 persen dibanding total penjualan ritel yang dibukukannya pada periode sama di tahun 2024 lalu.
Namun, kemerosotan penjualan ritel yang terbesar dialami oleh merek mewah milik Toyota, yakni Lexus. Mobil asal Jepang ini mencatatkan angka penjulan ritel sebanyak 809 unit, anjlok hingga 45,9 persen dibanding semester I 2025.
“Sebenarnya, konsumen di segmen mobil mewah memiliki daya beli yang tinggi dan lebih elastis dalam menghadapi gejolak harga. Mereka juga tid k mengalami tekanan yang seberat kelas menengah dan bawah. Tetapi, mereka lebih menahan belanja saja di tengah kondisi ekonomi yang penuh dengan tantangan, sebab kelas atas itu lebih rasional,” ungkap pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Rabu (16/7/2025).
Berikut data penjualan ritel mobil mewah di Indonesia, periode Janari – Juni 2025 dibanding periode sama di tahun 2024.
Mercedes-Benz : 1.354 unit (anjlok 24,5 persen)
BMW : 1.128 unit (anjlok 32,8 persen)
Lexus : 809 unit (anjlok 45,9 persen)
MINI ; 251 unit (anjlok 41, persen)
Volvo : 52 unit (anjlok 50 persen)
Audi : 14 unit (hanya sampai Mei, anjlok 50 persen)
Sumber: Gaikindo, 2025. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id