Jakarta, Mobilitas – Agen pemegang merek Mazda di Indonesia – yakni PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) – saat ini menjajakan 15 model mobil Mazda.
Dan model teranyar yang diluncurkan PT EMI adalah Mazda CX-60 Sport di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Juli lalu. Namun ternyata, hadirnya model baru tak serta merta mengatrol penjualan di periode Januari – Agustus 2025 lebih tinggi dibanding periode sama di tahun 2024.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Kamis (25/9/2025) menunjukkan di periode delapan bulan pertama 2025 itu, Mazda Indonesia membukukan penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) sebanyak 2.091 unit. Jumlah ini anjlok 30,7 persen dibanding wholesales pada periode sama di tahun 2024.
Sementara, total penjualan dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) di kurun waktu yang sama 1.994 unit. Jumlah penjualan riil ke konsumen itu anjlok 34,3 persen dibanding total penjualan ritel selama Januari – Agustus 2024.
Sekadar informasi saat ini Mazda Motor Indonesia menjajakan 15 model mobil Mazda. Mereka terdiri dari model Sport Utility Vehicle (SUV), Crossover, Hatchback, Sedan, hingga Wagon.
Model-model itu adalah Mazda CX-3, CX 9, CX-8, CX-30, CX-60, MX-30, dan Mazda CX-80. Kemudian Mazda CX-5, Mazda 2, Mazda 3, Mazda 3 Sedan, Mazda 6 Sedan, Mazda 2 Sedan, Mazda MX 5 RF, serta Mazda 6 Estate. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id