Jakarta, Mobilitas – Fakta berbicara, di periode Januari hingga Oktober tahun 2024, penjualan eceran alias dari dealer ke konsumen mobil Daihatsu yang dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) anjlok parah dibanding periode sama di tahun 2023.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Selasa (11/11/2025) menunjukkan di kurun waktu Januari hingga Oktober tahun 2024, jumlah penjualan ritel mobil Daihatsu sebanyak 142.949 unit. Jumlah penjualan ritel tersebut berkurang drastis alias anjlok parah hingga 21. 322 unit dibanding periode sama di thun 2023.
Sebab di kurun waktu sepuluh bulan pertama 2023 itu, total jumlah mobil Daihatsu yang dibeli konsumen mencapai 164.271 unit. Dan ternyata, anjloknya penjualan ritel ini berlanjut di tahun 2025 ini.

Gaikindo mencatat, di rentang waktu Januari hingga Oktober 2025, jumlah mobil Daihatsu yang diboyong konsumen ke rumah hanya sebanyak 112.530 unit. Jika dibannding penjualan ritel sepuluh bulan pertama 2024, total penjula di 2025 ini anjlok parah karena berkurang hingga 30.419 unit.
Mirisnya, kemerosotan penjualan ritel mobil Daihatsu itu merupakan yang kedua kalinya secara berturut-turut. Lebih dari itu, muramnya penjualan Daihtsu itu juga turut berkontribusi menjadikan total penjualan ritel mobil di Indonesi masih loyo. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id












