Jakarta, Mobilitas – Mobil yang di Indonesia dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) itu ternyata tak hanya mencatatkan anjloknya penjualan dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) saja, tetapi juga penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales).
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Sabtu (23/8/2025) menunjukkan periode Januari – Juli 2025 itu, total wholesales mobil Daihatsu Indonesia sebanyak 74.856 unit. Jumlah tersebut anjlok 24,6 persen dibanding periode sama di tahun 2024.
Sedangkan total penjualan ritel yang dibukukan Daihatsu melalui PT ADM di periode tujuh bulan pertama 2025 tersebut sebanyak 77.936 unit. Jumlah penjualan ke konsumen tersebut anjlok 24,5 persen dibanding total penjualan ritel yang tercetak di periode Januari – Juli 2024.
Fakta data berbicara di kurun waktu tujuh bulan pertama 2024, jumlah mobil Daihatsu yang diboyong konsumen Indonesia ke rumah mereka masih sebanyak 103.223 unit. Namun total penjualan ritel di Januari – Juli 2024 tersebut ternyata sudah anjlok dibanding periode sama di tahun 2023 yang sebanyak 117.888 unit.
Meski anjlok, ternyata penjualan ritel Daihatsu Indonesia masih tercatat sebagai penjualan ritel terbanyak kedua di Indonesia setelah Toyota. Total penjualan tersebut setara dengan 17,2 persen dari jumlah penjualan ritel kendaraan bermotor roda empat atau lebih (mobil) di Indonesia saat itu. (Swe/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id