Piaggio Agresif Sodorkan Skuter Listrik, Setelah Cina Kini Bidik India

0
1255
Ilustrasi, Skuter listrik Piaggio One - dok.Istimewa

New Delhi, Mobilitas – Produsen skuter kondang asal Italia, pada 9 Juni 2021 lalu diketahui telah meluncurkan skuter listrik komuter bernama Piaggio One di hajatan Beijing Motor Show 2021, di Republik Rakyat Cina (Cina). Skuter bersumber tenaga setrum yang dibanderol mulai 17.800 Yuan atau sekitar Rp 40 jutaan itu, disebut sebagai produk untuk kalangan usia muda.

Seperti dilaporkan laman Sino Auto dan MotoNews China, 9 Juni 2021, Piaggio memang tak menyebut bahwa skuter listrik itu bakal menjadi produk global yang tak hanya dijejalkan ke pasar Cina saja. Meski, perwakilan Piaggio di Negeri Tirai Bambu itu secara tersirat mengatakan, produknya adalah jawaban atas tren yang terjadi di dunia.

Negara-negara di dunia kini tengah berevolusi menuju kondisi bertransportasi tanpa emisi, khususnya kendaraan listrik. Sementara, populasi terbanyak di dunia saat ini adalah orang-orang muda yang sadar akan lingkungan tetapi tetap bergaya, termasuk di Cina dan India yang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Piaggio One, skuter listrik Piaggio – dok.Istimewa

Seperti dilaporkan laman Economic Times Auto dan Times Drive, Rabu (23/2/2022), Managing Director Piaggio India, Diego Graffi, menyebut pertumbuhan industri kendaraan roda dua listrik di negeri itu terus meningkat. Begitu pun dengan pasarnya.

“Sehingga, kami tertarik untuk memberikan solusi kepada pelanggan di segmen kendaraan roda dua (listrik) dengan harga yang sangat rasional. Bahkan, tanpa subsidi harga sekali pun. Karena, faktanya banyak pemain yang menggarap ceruk pasar ini bisa meningkatkan volume penjualan dengan bantuan subsidi (harga produk dari pemerintah),” papar Graffi.

Hanya, dia tak bersedia menyebutkan secara rinci spesifikasi dari skuter listrik anyar untuk India itu. Namun hanya memastikan bahwa powertrain alias sumber tenaga dari skuter itu akan beragam berdasar spesifikasi yang dibuat, karena skuter setrum itu akan membidik segmen entry level hingga menengah.

Diego Garffi, Chairman & Managing Director Piaggio India – dok.The CEO Magazine

Sekadar pembanding, Piaggio One di Cina yang disajikan dalam tiga varian juga memiliki tiga varian baterai. Varian Piaggio One dibekali baterai 48V 1,8kWh dengan motor listrik bertenaga 1,2 kW plus torsi 85 Nm.

Varian Piaggio One+ menggunakan motor listrik yang sama, namun berbaterai 2,3 kWh. Varian ini mampu melaju hingga 100 kilometer per jam (kpj).

Varian ketiga, One Active memiliki unit baterai 2.3kWh, dipasangkan dengan motor 2kW yang menghasilkan torsi 95 Nm. Jangkauan varian ini lebih jauh dengan laju kecepatan 100 kpj lebih. (Din/Aa)