Jakarta, Mobilitas – Seperti diketahui, Volvo kembali lagi ke Indonesia pada Agustus 2023 melalui keikutsertaannya di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.
Dengan bendera perusahaan PT Leading Vision Otomotif (LVO), pabrikan asal Swedia itu fokus memasarkan mobil premium ramah lingkungan, khususnya kendaraan listrik (EV) dan hybrid. Mobil Volvo yang dijual di Indonesia saat ini terdiri dari Volvo XC60, EX30, EX40, EC40, dan Volvo XC90.
Namun, untuk penjualan, hinggakini masih belum memuaskan. Fakta memperlihatkan – baik dalam penjualan unit dari pabrik ke dealer (wholesales) maupun dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) – di tahun 2025 ini, khususnya di periode Januari – September, baru 9 – 10 unit per bulan.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Kamis (16/10/2025) memperlihatkan di di periode sembilan bulan pertama atau tiga kuartal pertama 2025 itu, Volvo membukukan wholesales sebanyak 88 unit. Jumlah ini merosot 8,3 persen dibanding periode sama di tahun 2024.
Ternyata, total penjualan ritel yang dicetk Volvo melalui LVO di periode tiga kuartal pertama 2025 tersebut sama persis dengan total wholesales-nya, yakni 88 unit, dimana 10 unit diantaranya dibukukan pada bulan September. Jumlah penjualan ritel tersebut juga merosot 8,3 persen. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id