Suzuki Jimny 5 Pintu Segera Serbu Eropa, Pakai Sistem Hybrid Ringan

0
1175
Suzuki Jimny 5 pintu sedang dites di sebuah negara di Eropa - dok.Carscoops

London, Mobilitas – Suzuki Motor Company (Suzuki) dikabarkan tengah menyiapkan Suzuki Jimny versi lima pintu di pasar Eropa. Versi ini diperkirakan mendapatkan pembaruan teknologi sumber tenaganya (mesin) untuk disesuaikan dengan pasar Eropa, bahkan ada kemungkinan hadirnya varian berteknologi elektrifikasi alias hybrid.

Kabar ini diungkap laman Carscoops, Rabu (6/7/2022) yang sekaligus mengunggah serangkaian foto Suzuki Jimny versi lima pintu itu saat berada di sebuah lokasi yang disebutnya sebagai wilayah terpencil. Meski, tak disebutkan di mana lokasi itu berada.

“Meskipun seluruh bagian (mobil itu) tertutup bungkus kamuflase, namun jelas terlihat dia (Suzuki Jimny lima pintu) itu hadir dengan jarak sumbu roda yang diperpanjang, jendela ekstra di bagian belakang, dan satu set pintu belakang. Bagian depan maupun belakang (versi ini) tampak identik dengan Jimny biasa. Interiornya menampilkan layar sentuh infotainment yang jauh lebih besar, di samping dial analog yang tidak berubah,” tulis media itu.

Sementara, laporan dari India – tempat dimana Suzuki Jimny diproduksi – menyebutkan Suzuki Jimny lima pintu itu memiliki jarak sumbu roda 2.550 milimeter (mm) atau lebih panjang 300 mm dari Jimny tiga pintu. Dimensi panjangnya 3.850 mm, sementara dimensi lainnya (lebar dan tinggi) tetap tidak berubah.

Interior bagian depan Suzuki Jimny lima pintu di Eropa – dok.Carscoops

“Sumber kami mengatakan, Suzuki Jimny lima pintu kemungkinan besar akan mendapat teknologi hybrid ringan, meskipun Suzuki juga memiliki sistem hybrid penuh,” tulis Carscoops.

Sang sumber menyebut, mesin naturally aspirated 1.5 liter yang ada digantikan oleh mesin turbocharged hybrid ringan. Peluncurannya diperkirakan digelar pada akhir 2022 atau awal 2023.dan akan tiba bersama dengan versi facelift Jimny tiga pintu.

Regulasi emisi yang ketat di Eropa telah memaksa Suzuki sejak tahun 2021 hanya menawarkan Jimny tiga pintu secara eksklusif dalam bentuk kendaraan komersial ringan yakni hanya dua tempat duduk dan selebihnya ruang kargo.

Data di Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA) yang dikutip Mobilitas, Kamis (7/7/2022) memperlihatkan, sejak tahun 2019 hingga tahun ini penjualan Suzuki Jimny di Eropa terus merosot. Fakta berbicara, sepanjang tahun 2018 penjualan Suzuki Jimny di Benua Biru itu sebanyak 10.438 unit.

Suzuki Jimny 5 pintu kemungkinan diluncurkan di Eropa akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023 – dok.Istimewa

Kemudian di tahun 2019 melonjak mencapai 16.605 unit. Namun di tahun 2020 anjlok menjadi 10.063 unit, dan bahkan pada tahun 2021 hanya 563 unit Suzuki Jimny yang terjual.

Sementara di tahun 2020 ini, laporan penjualan yang dicatatkan sampai dengan bulan April hanya 76 unit. Jumlah ini dibukukan pada Januari sebanyak 29 unit, Februari 14 unit, Maret 23 unit, dan April 10 unit. (Vto/Aa)