Suzuki Sodorkan Motor Listrik untuk Harian Mulai 2024

0
1774
Ilustrasi, sepeda motor Suzuki - dok.Suzuki

Jakarta, Mobilitas – Bahkan, pabrikan ini menargetkan pada 2030 sudah ada 8 model motor listrik.

Rencana ini terungkap dari rencana strategi pertumbuhan perusahaan di tahun fiskal 2030 yang dirilis situs resmi Global Suzuki, dan dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (27/1/2023).

“Untuk sepeda motor kecil dan menengah yang digunakan untuk transportasi sehari-hari seperti pergi bekerja, ke sekolah atau berbelanja, kami akan memperkenalkan EV baterai pada tahun fiskal 2024,” bunyi pernyataan pabrikan asal Hamamatsu, Shizuoka, Jepang, tersebut.

Sedangkan untuk sepeda motor bermesin besar yang selama ini menjadi penunjang hobi atau untuk rekreasional, Suzuki Motor Corporation menggunakan pendekatan lain. “Kami akan mengadopsi bahan bakar netral karbon,” sebut pabrikan, tanpa menyebut maksud BBM netral karbon itu, apakah gas atau oksigen.

Ilustrasi, pengguna motor Suzuki Avenis 125 – dok.Istimewa

Tetapi yang pasti, langkah ini merupakan bagian dari target Suzuki untuk menuju netral karbon. Keputusan itu dinyatakan sejak pabrikan mengumumkan untuk undur diri dari laga balap MotoGP, dan akan fokus pada pengembangan sumber energi masa depan sebagai pengganti teknologi mesin berpembakaran internal.

Hanya, hingga kini, belum ada informasi resmi terkait jenis atau model sepeda motor listrik Suzuki yang bakal digelontorkan mulai 2024 itu. Sekelumit informasi yang diberikan hanya menyebut motor itu untuk mendukung kegiatan harian. (Din/Aa)