Bisnis

Usai Santer Isu Krisis: Hozon Umumkan Restrukturisasi Neta Auto, Ini Langkahnya

×

Usai Santer Isu Krisis: Hozon Umumkan Restrukturisasi Neta Auto, Ini Langkahnya

Share this article
Ilustrasi, logo Neta - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Setelah santer dikabarkan berjibaku menghadapi kriss, dan bahkan dikabarkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan hingga menyetop produksi, kini induk Neta Auto, yakni Hozon New Energy Automobile Co., Ltd menyebut tengah berencana melakukan restrukturisasi.

“Tujuan menyelesaikan krisis utang melalui prosedur hukum, memperkenalkan sumber daya strategis, mengoptimalkan sistem manajemen, dan membuka jalur baru untuk pembangunan berkelanjutan perusahaan, Selain itu untuk memastikan produksi, menstabilkan pengiriman, dan melindungi hak dan kepentingan,” bunyi keterangan Hozon New Energy melalui PT Neta Auto Indonesia yang diterima Mobilitas di Jakarta, Kamis (12/6/2025).

Pabrikan mobil asal Jiaxing, Zhejiang, Republik Rakyat Cina itu mengakui pilihan langkah restrukturisasi itu mempengaruhi setiap mitra, karyawan, dan pemilik mobil. Namun langkah tersebut tetap harus diambil mengingat perusahaan menghadapi perso alan yang membutuhkan penyelesaian segera.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Hozon New Energy menghadapi rintangan berkala akibatpersaingan ketat di sektor energi baru. Penurunan penjualan, beban utang, dan masalah rantai pasokan semuanya mengakibatkan kesulitan operasional,” sebut Hozon New Energy soal latar belakang atau alasan dilakukannya restrukturisasi tersebut.

Hozon Auto menegaskan elemen inti rencana restrukturisasi ini terdiri dari tiga langkah. Pertama, kepemimpinan yang jelas untuk memastikan prosedural yang adil.

Neta V saat diperkenalkan di GIIAS 2023 – dok.Mobilitas

Kedua, memperkenalkan tim investasi strategis dan likuidator, dan operasional bisnis domestik dan internasional yang berkelanjutan. Ketiga, melindungi hak dan kepentingan pemilik mobil.

Untuk mewujudkan dan mencapai rencana restrukturisasi itu, Hozon Auto membuat perencanaan strategis masa depan dengan fokus pada teknologi dan melakukan ppgrade..produk.

Hozon akan memulai kembali penelitian dan pengembangan platform teknologi yang berfokus pada sasis skateboard dan teknologi penggerak cerdas, “Kemudian meluncurkan tiga model baru global sebelum tahun 2027 dan menargetkan pasar massal dengan kisaran harga 150.000 hingga 250.000 yuan, sekaligus memenuhi kebutuhan diferensiasi kelas atas,” kata pabrikan.

Rencana lain yang juga ditetapkan Hozon untuk merestrukturisasi Neta uto itu adalah dengan melakukan globalisasi dan kerjasama ekologi.Caranya dengan meningkatkan kerja sama strategis dengan mitra rantai pasokan seperti CATL dan Huawei.

“Kemudian memanfaatkan sumber daya investor baru untuk menjelajahi pasar luar negeri yang sedang berkembang, dan menciptakan model penggerak ganda yakni teknologi dan lokalisasi,” kata Hozon Auto. (Jrr/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id