Oranger Mawar, Berdayakan Wanita Sekaligus Masyarakatkan Motor Listrik

0
1175
Pelepasan konvoi Oranger Mawar - dok.Istimewa via Medcom.id

Jakarta, Mobilitas – PT Pos Indonesia berkolaborasi dengan PT. Swap Energy Indonesia dan Smoot Motor Indonesia, Rabu (10/11/2021) meluncurkan ionvasi baru dalam bisnis pengantaran kiriman sekaligus memasyarakatkan kendaraan (sepeda motor) listrik. Program yang dinamai Oranger Mawar itu merekrut para wanita sebagai mitra kurir, dengan armada sepeda motor listrik yang kepemilikannya bisa dicicil dari sebagian pendapatan.

“Inspirasi dari program ini adalah, bagaimana memberdayakan para wanita yang merupakan tulang punggung ekonomi keluarga yang terdampak pandemi Covid-19. Mereka adalah mitra yang memiliki posisi sejajar dengan PT Pos Indonesia dalam bisnis ini,” papar Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal R Djoemadi, saat peluncuran Oranger Mawar, di Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Faizal menyodorkan data, tak kurang dari 623.000-an wanita yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)  atau dirumahkan karena tempat mereka bekerja selama ini terdampak pandemi.  Dari jumlah itu 60% di antaranya bekerja di sektor informal.

Motor listrik Smooth menjadi armada Oranger Mawar – dok.RCTIplus

“Dari kondisi inilah, kemudian muncul inspirasi program inovasi bagaimana memberdayakan para wanita yang merupakan tulang punggung keluarga. Selain itu, kami juga sangat mendukung kebijakan pemerintah untuk memasyarakatkan kendaraan ramah lingkungan, yakni kendaraan listrik,” tandas dia.

Sementara, sepeda motor listrik yang akan digunakan adalah Smoot Electric Motorcycle. Kuda besi bersumber tenaga dari setrum itu dilengkapi baterai Swap berkapasitas 64V dan 22,5Ah yang mampu menempuh jarak hingga 60 kilometer.

Menurut Faizal, dengan sistem battery swap tersebut, selain memudahkan para pengguna motor karena tidak perlu mengecas baterai motornya hingga penuh dengan waktu berjam-jam, juga lebih efisien. “Jika daya baterai motor habis, para mitra ini cukup datang ke swap point lalu menukarnya dengan baterai yang terisi penuh. Sehingga, waktu penggantian cukup 9 detik,” jelas dia.

Oranger Mawar merupakan inovasi Pos Indonesia X Smoot dalam memberdayakan wanita dengan menggunakan motor listrik di masa pandemi – dok.Indoposco.id

Saat ini, sudah ada ratusan swap point di Jakarta. Sedangkan di wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) ditargetkan bakal terbangun 1.300 swap point.

Untuk memudahkan pengguna motor Smoot – khususnya mitra kurir Oranger Mawar – motor tersebut dilengkapi fitur yang terkoneksi dengan aplikasi Swap untuk mengetahui lokasi Swap Station. Selain itu ada fitur battery booking, penunjuk atau ibdikator kondisi daya baterai motor, Anti-Theft System, Driving behavior, hingga kilometer top up.

“Fitur keamanan berupa anti-theft system (anti pencurian) ini berguna untuk mencegah motor dibawa pencuri. Karena begitu dicuri, sistem bisa dimatika melalui aplikasi yang ada di smartphone, dan motor pun akan berhenti,” ungkap Direktur Utama PT Smoot Motor Indonesia – penyedia motor listrik Smoot – Irwan Tjahaja, di tempat yang sama.

Oranger Mawar, para wanita menjadi mitra sejajar PT Pos X Smoot – dok.Medcom.id

Menurut dia swap baterai merupakan solusi paling ideal untuk mengatasi lamanya durasi pengecasan. Sebabab, waktu pengisian daya baterai kendaraan listrik adalah masalah yang kerap menimbulkan keengganan orang untuk menggunakan kendaraan liatrik.

“Apalagi jika dibandingkan dengan mengisi tanki bensin dengan bahan bakar konvensional. Dan permasalahan ini dijawab oleh motor Smoot yang menggunakan sistem battery swap,” ujar Irwan.

Motor ini dibanderol Rp 14,9 juta on the road Jakarta. (Aa)