GIIAS 2021 Digelar, Diskon PPnBM 100% Bikin Gemebyar

0
1013
Ilustrasi, suasana di arena GIIAS - Istimewa

Tangerang, Mobilitas – Hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Kamis (11/11/2021) dibuka dan dilaksanakan hingga 21 November nanti alias berlangsung di tengah kondisi pandemi Covid-19. Kendati begitu, pameran ini diharapkan tak hanya memantik penjualan produk sehingga industri otomotif bersinar lagi, tetapi juga menjadi bukti kebangkitan ekonomi negeri ini.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi saat dihubungi di Jakarta, Rabu (10/11/2021) mengatakan, dengan berlangsungnya GIIAS 2021 ini, Indonesia membuktikan diri bangkit, setelah industri otomotif nasionalnya terpuruk karena terpaan dampak pandemi global, Covid-19.

“Terutama di kawasan regional Asia Tenggara. Banyak negara-negara tetangga kita di ASEAN ini yang selama ini juga dikenal sebagai pasar maupun hub produksi otomotif masih berjuang keras menghadapi dampak pandemi. Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina dan lainnya masih terpuruk,” kata Nangoi.

Mitsubishi New Xpander. Salah satu mobil baru di GIIAS yang mendapatkan diskon PPnBM 100% – dok.Istimewa

Dengan menggelar  GIIAS, lanjut mantan Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) itu, industri produsen otomotif yang beroperasi di Tanah Air bukan hanya unjuk diri memperlihatkan pencapaian kemajuan teknologi yang telah dicapai tetapi juga menyuguhkan kendaraan-kendaraan model baru yang dibutuhkan masyarakat.

“Momen GIIAS ini sangat strategis untuk memacu penjualan produk. Apalagi,kita kan masih mendapatkan fasilitas diskon pajak (tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM). Ini yang bisa menjadi perangsang bagi masyarakat. Karena sangat bermanfaat,” kata Nangoi.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier senada dengan Nangoi. “Karena kalau konsumsi atau penyerapan produk oleh konsumen meningkat, maka produksi juga akan naik. Dan kalau produksi tumbuh maka penyerapan produk sektor pendukung juga akan terjadi. Muaranya, multiplier effect atau dampak ikutannya juga besar. Inidustri bergerak, ekonomi juga tumbuh,” kata dia saat dihubungi Mobilitas di Tangerang, Kamis (11/11/2021).

Toyota All New Avanza  juga hadir di GIIAS 2021 dan mendapat diskon PPnBM- dok.Istimewa

GIIAS 2021, kata President Direktur Seven Event, Romi, diikuti 22 merek kendaraan bermotor roda empat atau lebih dan dua merek kendaraan bermotor roda dua. Di jajaran kendaraan penumpang, lanjut Romi, terdapat merek Audi, BMW, DFSK, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, dan MINI. Kemudian, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Sedangkan merek kendaraan roda dua yang berpartisipasi adalah Benelli dan Honda. Selain itu sejumlah model anyar diluncurkan. Mulai dari Xpander dan Xpander Cross terbaru,(Din/Jrr/Aa)  All New Avanza, All New Veloz, All New Xenia