50 Tahun Eksis di Dunia, Honda Civic di RI Terjual Segini

0
1115
Honda Civic generasi pertama - dok.Wikipedia

Jakarta, Mobilitas – Honda Motor Company (Honda) merayakan 50 tahun eksistensi dan kiprah Honda Civic. Mobil yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972 itu, kini juga tercatat sebagai model terpopuler dan terlaris di dunia.

“Honda Civic pertama kali diperkenalkan sebagai sebuah mobil compact yang bertenaga dan hemat bahan bakar, Honda Civic langsung diterima dengan sangat baik oleh konsumen di seluruh dunia. Honda Motor Co, Ltd kemudian memulai penjualan global diluar Jepang mulai tahun 1973,” sebut Honda seperti dilansir PT Honda Prospect Motor (HPM) di Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Hingga saat ini, Honda Civic telah dipasarkan di lebih dari 180 Negara di seluruh dunia, dan telah mencatat penjualan lebih dari 28 juta unit. Honda mengklaim, mobil ini terus melakukan terobosan dengan menghadirkan teknologi dan inovasi yang terdepan pada masanya.

Bahkan, kini sudah 11 generasi Honda Civic yang digelontorkan Honda ke pasar dunia, termasuk Indonesia. Generasi ke-11 memulai kiprahnya di dunia pada tahun 2021 lalu dan di Jepang, generasi paling anyar ini ditawarkan dalam dua varian mesin yaitu mesin bensin serta e: HEV.

 

Honda Civic Si Hatchback model tahun 1993 – dok.Japanese Nostalgic Car

Keunggulan Honda Civic tersebut juga telah menghasilkan lebih dari 800 penghargaan bergengsi yang diterima di berbagai negara di dunia. Sedangkan di Indonesia, Indonesia diluncurkan pada 28 Oktober 2021.

“Untuk pertama kalinya di Indonesia, All New Honda Civic kini mengusung emblem RS sebagai bagian dari lini Honda yang memiliki tampilan lebih sporty, dan serangkaian fitur canggih,” sebut HPM.

Sejak dipasarkan di Tanah Air pada tahun 1976, Honda Civic telah terjual 120.000 lebih. Sebanya 25 penghargaan bergengsi diterima mobil ini sejak pertama kali berkiprah di Indonresia hingga kini.

Ilustrasi, All New Honda Civic RS diluncurkan di Indonesia – dok.Istimewa

Sementara, data di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Sabtu (2/7/2022) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Mei tahun ini total penjualan Honda Civic ke dealer (wholesales) sebanyak 388 unit. Jumlah ini melorot 23,5 persen dibanding periode sama tahun 2021. (Swe/Aa)