All New Honda BR-V Meluncur dan Sarat Keunggulan, Toyota Rush Cs Waspadalah

0
2722
All New Honda BR-V - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Setelah melakukan pengenalan konsepnya ke berbagai kota atau road show di Indonesia, akhirnya Selasa (21/9/2021) PT Honda Prospect Motor memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua untuk pertama kalinya di dunia. Selain menyuguhkan tampilan yang benar-benar baru, Honda BR-V paling gres alias paling anyar ini juga menyajikan teknologi cangggih pertama yang disandang model di kelasnya, Low SUV.

Berbagai fitur dan teknologi tersebut di antaranya Honda Sensing, Honda LaneWatch, Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, hingga Smart Entry System. SErangkaian teknologi itu dikembangkan untuk menciptakan sebuah definisi baru dalam pengalaman berkendara sebuah LSUV 7-seater di kelasnya.

Honda Motor mengaku, untuk mengembangkan Honda BR-V generasi kedua ini pihaknya melakukan studi panjang dan mendalam untuk menangkap kebutuhan serta kebiasaan berkendara dari konsumen mobil SUV berkapasitas tujuh penumpang. Dan sebuah mobil konsep bernama New 7 Seater eXcitement (N7X) dihadirkan dan diperkenalkan ke publik untuk menangkap masukan konsumen.

Peluncuran secara resmi All New Honda BR-V – dok.Istimewa

“Mobil ini merupakan hasil pengembangan model New 7 Seater eXcitement (N7X). Seperti konsep pengembangan awalnya, All New Honda BR-V dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah SUV, kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV, serta performa berkendara menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda,” bunyi keterangan resmi PT HPM.

Dari sisi tampilan, eksterior All New Honda BR-V mencuatkan kesan karakter dinamis, dengan garis bodi tegas yang menyatu dari depan hingga ke bagian belakang bodi. Parasnya jauh lebih agresif dan sporty layaknya sebuah SUV kelas atas.

Lampu utama LED dilengkapi LED Daytime Running Light yang menyatu dengan grille depan. Sedangkan bagian belakang mengusung gaya desain baru pada Rear Combi Lamp yang dilengkapi dengan LED Light Bars yang menyatu dengan garis bodi, dan velg 17 inci dengan gaya desain baru memperkuat kesan agresif.

Tampilan belakang All New Honda BR-V – dok.Istimewa

Pada bagian interior – khususnya area kokpit – dirancang memberikan ruang yang lebih baik, nyaman, dan lapang bagi pengemudi dan penumpang. Kursi baris pertama dilengkapi Row Console Armrest dan baris kedua dilengkapi Seat Armrest agar penumpang di setiap baris dapat semakin menikmati perjalanan.

Honda juga menambah jumlah power outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya yang terletak di area konsol depan. Dan pada di kursi baris kedua dan ketiga yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat dengan daya hingga 12 V.

Sebuah layar berukuran 4.2 inci Thin-Film Transistor (TFT) Display pada dashboard untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara seperti fungsi Honda Sensing, rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar. Fitur ini terasa lengkap karena dipadukan dengan sistem audio video baru dengan layar sentuh 7 inci yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone menjadi kenyamanan berkendara semakin meningkat.

Logo Honda – dok.Reuters

Bukan produk asal-asalan
Masih banyak fitur berteknologi terkini yang disematkan di All New Honda BR-V ini. Sementara mesin 1.5L DOHC i-VTEC telah diperbaharui untuk menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 N.m pada 4.300 rpm. Penyaluran semburan tenaga ke roda menggunakan sistem transmisi CVT berteknologi baru pula, sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dan performa yang lebih bertenaga, dan telah berstandar Euro 4.

“Honda sangat bangga mempersembahkan generasi kedua All New Honda BR-V yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan konsumen di Indonesia,” ungkap President Director PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe dalam sambutannya secara virtual, di Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Dia menyebut All New Honda BR-V diproduksi di lokal Indonesia dengan menghadirkan desain yang jauh lebih menarik dan berbagai teknologi dan fitur terkini yang menjadi pertama di kelasnya. “Kami yakin All New Honda BR-V akan memperkuat posisi Honda khususnya di segmen LSUV di Indonesia,” ucap Takehiro.

Konsep All New Honda BR-V, yakni Honda N7X Concept- dok.HPM

Direktur Pemasaran dan Penjualan HPM, Yusak Billy menyebut Honda selalu melihat arah konsumen, dan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dari sebuah kendaraan. Termasuk dalam pengembangan All New Honda BR-V ini.

“Jadi, kami tidak asal-asalan dalam membuat sebuah kendaraan,” tandas dia.

Hanya, hingga kini HPM belum mengumumkan secara resmi harga dari Honda BR-V versi paling anyar tersebut. Di pasar, mobil ini bertarung dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, dan lainnya. (Vto)