All New Honda CR-V Generasi Keenam Gedor Dunia, Muncul Pertama di Amerika

0
1146
All New Honda CR-V generasi keenam kini berdimensi ukuran lebih besar - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Honda Motor untuk pertamakalinya di dunia memperkenalkan generasi keenam All New Honda CR-V di Amerika Serikat. Generasi paling gres alias teranyar ini dihadirkan dalam dua varian yaitu varian bermesin konvensional turbo dan HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Dalam keterangan resmi yang dirilis Kamis (14/7/2022) Honda mengatakan All New Honda CR-V generasi keenam konvensional mulai dijual di Amerika Serikat pada musim panas tahun ini.

Sementara varian HEV mulai diproduksi dan dijual pada musim gugur tahun ini.
Varian HEV ini diharapkan akan berkontribusi sebesar 50% dari total penjualan generasi terbaru All New Honda CR-V tersebut.  “All New Honda CR-V generasi keenam hadir dengan teknologi serta fitur baru,” sebut Honda.

Fitur itu antara lain Retuned Real Time All-Wheel Drive with Intelligent Control, Hill Descent Control, Snow driving mode, next gen front airbags. Kemudian new standard knee and rear passenger side-impact airbags, Honda Sensing® yang hadir dengan new wide-view camera and radar, new Traffic Jam Assist (TJA), Low-Speed Braking Control serta Traffic Sign Recognition system (TSR).

Tampilan bagian depan All New Honda CR-V generasi keenam – dok.Istimewa

All New Honda CR-V generasi keenam ini diklaim mempunyai kapasitas ruang kabin serta ruang kargo yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Dia juga dilengkapi new 7-inch touchscreen audio system (untuk varian EX & EX-L).

“Sedangkan untuk varian HEV kini menggunakan 9-inch touchscreen audio system, wireless Apple CarPlay® & Android Auto™, Qi-compatible 15W wireless smartphone charging serta 12-speaker Bose premium audio system,” jelas Honda.

Ada empat tipe yang tersaji di All New Honda CR-V generasi teranyar ini, yaitu EX, EX-L, Sport dan Sport Touring. Untuk varian All New CR-V tipe EX dan EX-L menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter turbocharged empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 HP pada putaran mesin 6.000 rpm.

All New CR-V tipe Sport dan Sport Touring menggunakan mesin berkapasitas 2.0 liter 4 silinder segaris dipadu dengan dua motor sistem hybrid (two motor hybrid system) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 204 HP. All New Honda CR-V generasi keenam tipe EX & EX-L menggunakan transmisi CVT dimana kini dilengkapi dengan teknologi Step-Shift programming.

All New Honda CR-V generasi keenam – dok.Istimewa

“Teknologi ini dapat membuat perpindahan gigi lebih terasa ketika berkendara. Sementara untuk tipe Sport dan Sport Touring menggunakan transmisi two-motor hybrid system.,” sebut Honda.

Honda CR-V di Negeri Paman Sam tercatat cukup laris dalam penjualan. Data American Automobile Association (AAA) yang dikutip Mobilitas, Jumat (15/7/2022) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Juni tahun ini SUV medium Honda itu terjual 116.602 unit.

Sepanjang tahun 2021, Honda CR-V membukukan penjualan sebanyak 361.271 unit. Jumlah ini bertambah banyak 27.769 unit atau naik 8,33 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 333.502 unit. (Vto/Aa)