BMW Recall Mobil Listrik i4 dan iX di AS Karena Rawan Terbakar

0
1069
Ilustrasi, BMW i4 eDrive40 - dok.CNET

Washington, Mobilitas – BMW menarik (recall) 84 mobil yang terdiri sedan listrik BMW i4 dan Sport Utility Vehicle BMW iX.

Seperti dilaporkan laman The Green Journal, Rabu (3/7/2022) penarikan dilakukan di Amerika Serikat (AS) setelah baterai tegangan tinggi yang dipakai kedua mobil itu rawan terbakar. “Penarikan dilakukan setelah BMW mengetahui adanya insiden kebakaran pada mobil BMWi4 eDrive40 di luar Amerika Serikat pada bulan April 2022,” tulis media tersebut.

Dalam insiden itu ditemukan serpihan katoda yang merembes ke dalam sel baterai. Kebakaran diduga akibat korsleting yang dipicu kerusakan internal baterai.

Insiden kembali terjadi pada bulan Juni, yakni melibatkan mobil BMW iX xDrive50 di Amerika Serikat dan iX M60 di luar negeri. Semua mobil menggunakan baterai dari Samsung SDI.

Ilustrasi, BMW iX Xdrive50 – dok.Cars.com

Juru Bicara BMW Jay Hanson mengatakan, kasus ini hanya dialami oleh sebagian kecil mobil listrik BMW. Dia mengatakan, diler akan segera mengganti baterai mobil-mobil itu secara gratis.

Data penjualan BMW yang dikutip Mobilitas, Rabu (3/8/2022) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Juni 2022 ini, BMW Group (merek BMW dan MINI) menjual  75.891 unit mobil listrik baterai. “Jumlah ini melonjak 110,3% dibanding periode sama tahun lalu,” klaim pabrikan. (Vto/Aa)