Bulan Akhir Tahun Saat Tepat Beli Mobil? Begini Faktanya

0
7
Mitsubishi XForce - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Selama ini di masyarakat sering terdengar lontaran yang menyatakan di bulan-bulan akhir tahun (November – Desember) merupakan saat yang tepat untuk membeli mobil.

Pendapat pro dan kontra alias yang membenarkan dan membantah atau setidaknya menyangsikan kalimat itu pun bermunculan. Pendapat mereka yang meragukan mengatakan, kapan pun waktu pembelian harga mobil pun sama, begitu pula dengan model maupun fitur-fitur yang ada di kendaraan.

Bagi mereka yang membedakan hanyalah pencatatan di kepolisian terkait dengan nomor pelat kendaraan khususnya tanggal dan bulan pembayaran pajak tahunannya. Lantas, benarkah demikian?

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto yang dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Selasa (5/12/2023) menyebut dari kepentingan konsumen, pembelian mobil di akhir tahun memang banyak keringan maupun kemudahan yang didapatkan. Sehingga, kata dia, tidak salah jika disebut waktu akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk membeli mobil.

“Karena selain waktu registrasi di Direktorat Registrasi dan Identifikasi Kepolisian yang kemudian terkait dengan penerbitan tanggal dan bulan pembayaran pajak tahunan yang lebih lama jatuh temponya, ternyata ada banyak paket kemudahan proses pembelian. Lalu, program promo terkait dengan pembelian secara kredit, atau bahkan mungkin ada cash back yang diberikan oleh diler dan sebagainya,” papar Jongkie.

Illustrasi mobil baru, All New Daihatsu Xenia – dok.Mobilitas

Faktanya memang demikian. Sebut sebagai contoh, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Tiga Sales Indonesia (MMKSI) yang menggear program penjualan di bulan Desember 2023. Dalam program ini, bagi pembeli Mitsubishi X-Force secara kredit bisa membayarkan uang muka (DP) mulai 15 persen dan paket bunga mulai 1,88 persen.

Selain itu, MMKSI juga menawarkan keuntungan dengan memberikan layanan perawatan/servis berkala hingga 50.000 kilometer (km) atau empat tahun, tentu hal ini memberikan keringan biaya perawatan bagi pemilik kendaraan. Selain itu, gratis asuransi kendaraan komprehensif selama 1 tahun.

Agen Pemegang Merek (APM) mobil lainnya, yakni PT Honda Prospect Motor (HPM), menggelar program Honda Lebih Banyak Promo di Akhir Tahun (HEBOH) untuk pembelian selama November – Desember 2023. Program tersebut diberlakukan di setiap diler.

Di wilayah Jabodetabek, melalui program itu konsumen bisa memperoleh Flett Sale Package Value hingga senilai Rp 10 juta untuk pembelian Honda City Hatchback RS. Bahkan, bagi konsumen yang ingin naik posisi dari mobil Honda Brio ke Honda WR-V diberikan kemudahan dengan cicilan mulai dari Rp 3 jutaan per bulan.

Honda WR-V – dok.Mobilitas

Meski hal itu dengan catatan syarat dan ketentuan berlaku. Tetapi yang pasti di penghujung akhir tahun, kata Jongkie Sugiarto, APM melalui diler banyak memberikan kemudahan dan keringan untuk pembelian mobil baru, yang bisa berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya.

“Itulah yang kemudian disebut bahwa akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk beli mobil. Dan bagi kami di industri, dengan serangkaian program yang memberi kemudahan dan keuntungan bagi konsumen di akhir tahun ini, tentu diharapkan penjualan juga terpacu. Sehingga, target kita total penjualan 1,05 juta unit di akhir ini juga bisa tercapai,” tandas Jongkie. (Din/Aa)