Cara Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman

0
1194
Menyewa mobil - dok.Home Catcher Alanya

Jakarta, Mobilitas – Menyewa mobil untuk mudik lebaran sebaiknya tidak hanya berpatokan ke tarif murah saja.

Menurut instruktur senior safety driving Java Adventures, Pungki Eko Harianto, banyak hal yang patut dipertimbangkan dan dilakukan di saat akan memutuskan menyewa atau tidak sebuah mobil di perusahaan penyewaan (rental) mobil.

“Karena mobil yang akan disewa itu akan digunakan untuk perjalanan jauh sekeluarga, yang tentunya bukan hanya nyaman tetapi faktor keamanan yang harus diprioritaskan,” papar Pungki saat dihubungi Mobilitas dari Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Oleh karena itu, pria yang pernah menjadi instruktur di sebuah agen pemegang merek mobil asal Jepang, untuk kendaraan komersial ringan ini memberikan tips saat akan memutuskan menyewa mobil untuk lebaran.

“Pertama, lakukan pemilihan jenis mobil yang akan disewa. Pertimbangan jenis mobil dengan memperhitungkan konsumsi bahan bakarnya, kapasitas tempat duduk plus bagasi atau ruang penyimpinan barang. Jika, tempat tujuan dan rute yang dilalui tidak terlalu sulit dengan kontur jalan yang tidak sulit, sebaiknya memilih MPV (mobil keluarga serbaguna). Karena mobil jenis ini lumayan irit (dibanding SUV), kabin luas, dan bagasinya lumayan besar,” kata Pungki.

Kedua, sebaiknya melakukan tes drive dari mobil yang akan disewa itu untuk memastikan kondisi mesin, rem, serta fitur-fitur lainnya. Pastikan semuanya layak untuk jalan.

Ilustrasi, perjalanan jarak jauh menggunakan mobil – dok.Arnold Clark

Ketiga, pastikan mobil yang akan disewa itu telah di-cover asuransi. Tujuannya, jika ada masalah dengan mobil Anda tidak menjadi pihak yang harus menanggung semua kerusakkan yang terjadi.

Keempat, pastikan perusahaan rental itu memiliki jaringan yang luas. Sehingga, jika terjadi masalah dengan mobil saat perjalanan, pertolongan atau bantuan perbaikan bisa dengan mudah dilakukan.

Kelima, lakukan perbandingan harga sewa untuk mobil sejenis dan sekelasnya di antara perusahaan-perusahaan rental yang terpervcaya dan berkredibilitas tinggi.

“Sekali lagi, jangan asal memilih perusahaan rental. Pastikan perusahaan itu bisa dipercaya, punya reputasi bagus, dan banyak direkomendasikan. Sehingga, perjalanan mudik dan balik lebaran aman dan nyaman,” tandas Pungki. (Swe/Aa)