Jakarta, Mobilitas – Perusahaan karoseri kondang asal Malang, Jawa Timur, yakni PT Adiputro Wirasejati, ikut berpartisipasi di gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, 21 – 30 November 2025.
Sejumlah kendaraan niaga – baik angkutan penumpang maupun barang – yang karoserinya dia garap diboyong oleh Adiputro ke pameran otomotif akhir tahun itu. Salah satunya, Cold Chain Box yang menggunakan basis Mitsubishi Fuso Canter FE71L.
Direktur PT Adiputro Wirasejati, Jesse Jethro Kusumo, saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Kamis (21/11/2025) menyebut unit itu merupakan kendaraan Cold Chin Box milik klien perusahaannya yang diizinkan untuk dipamerkan di GJAW 2025. Dia mengatakan kendaraan jenis ini merupakan salah satu yang permintaan karoserinya terus tumbuh.
“Ini sejalan dengan pertumbuhan sektor jasa logistik. Bahka sebagian kendaraan yang karoserinya kami kerjakan itu milik perusahaan makan segar seperti susu, daging, sayur, buah, dan produk minuman siap konsumsi. Tren permintaanya tumbuh terus,” ungkap Jesse tanpa menyebut besaran pertumbuhan itu.

General Manager Business Communication PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) – selaku distributor dan pemasar kendaraan niaga Mitsubishi Fuso – Totok Sudaryanto senada dengan Jesse.
“Permintaan truk untuk dijadikan Cold Chain Box ini cukup banyak dan terus tumbuh. Dan tidak perlu spesifikasi khusus, karena chassis truk Fuso ini sudah siap untuk diaplikasikan untuk kendaraan jenis itu,” kata Totok saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Kamis (21/11/2025).
Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), Hasanuddin Yasni, yang dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Kamis (21/11/2025) menyebut industri cold chain dengan transportasi berpendingin tahun 2025 ini diperkirakan tumbuh 14 persen. Sementara cold storage tumbuh 8 persen.
“Pertumbuhan ini dipicu oleh peningkatan last mile delivery dan pemesanan makanan seperti seperti susu, daging, sayur, buah,dan lainnya di pasar online,” ujar Hasanuddin. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id












