Dikebut, Operator Janji Perbaikan di Tol Cipali Kelar H-10 Lebaran

0
1177
Ilustrasi, gerbang Tol Palimanan - dok.BPJT Kementerian PUPR

Jakarta, Mobilitas – Sejumlah perbaikan dilakukan untuk memberi kenyamanan pemudik lebaran.

Astra Infra sebagai operator Jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) memastikan proses perbaikan itu segera rampung, maksimal pada H-10 atau tanggal 10 April 2023 proses pernbaikan itu telah rampung.

“Pada H-10 lebaran, sudah siap melayani masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. Sehingga, perjalanan bisa aman dan nyaman,” ungkap Group Chief Operating Officer Astra Infra, Kris Ade Sudiyono, saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Jumat (7/4/2023).

Pekerjaan yang dilakukan, kata Kris, bukan hanya sebatas perbaikan lintasan yang mengalami kerusakkan semata, namun juga pelebaran ruas jalan. Termasuk pembangunan lajur baru di tempat istirahat atau rest area.

Pembangunan lajur ketiga tersebut dilakukan di kilometer (KM) 86, 102, dan kilometer 130. “Ini juga ditargetkan sudah selresai pada H-10 lebaran atau sebelum mulai masa mudik Lebaran 2023,” tandas Kris.

Ilustrasi, lalu-lintas di jalan tol – dok.Daily News

Kris juga menyebut, hasil evaluasi internal Astra Infra diketahui seluruh infrastruktur, dan layanan di Jalan Tol Cipali semuanya dalam kondisi cukup. “Untuk itu kami meminta kepada masyarakat agar bijak saat berkendara,” imbuh dia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi di sela acara Focus Group Discussion (FGD) Mudik Aman Berkesan di Jakarta, Kamis (6/4/2023) mengatakan Jalan Tol Cipali meriupakan salah satu titik dengan potensi kemacetan ekstrim di Tanah Air.

“Oleh karena itu, sekali lagi, saya sampaikan ada sembilan tik ekstrim, dan Saya sampaikan berulang-ulang bahwasannya Cipali itu tetap yang pertama,” papar Budi.

Sementara itu, hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu menyebut, pada lebaran tahun ini sebanyak 9,2 juta orang mengaku akan menggunakan jalur Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik. Dari calon pemudik tersebut, terbanyak menggunakan ruas tol Cipali. (Dan/Aa)