Empat Langkah Sederhana Bikin Aki Mobil Panjang Usia

0
1280
Aki mobil - dok.Istimewa via Start Rescue

Tangerang, Mobilitas – Aki merupakan komponen penting di dalam mobil karena berfungsi menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen lain.

Mengingat vitalnya peran aki, pimpinan Marsi Radiator & Battery, Ichwanudin, mewanti-wanti untuk selalu memperhatikan kondisi dan perawatan aki.

“Karena yang terjadi hingga saat ini, pemilik mobil itu jarang yang memperhatikannya. Entah itu karena tidak paham atau lupa. Kebanyakan beralasan karena aki kendaraannya masih bagus karena masih tergolong baru, jadi aman-aman saja,” papar Ichwan saat ditemui Mobilitas, di Kebon Nanas, Cokokol, Tangerang, Senin (1/8/2022).

Padahal, aki yang masih terbilang baru dengan usia pakai masih satu setengah tahun belum tentu kondisinya baik-baik saja. Jika aki telah aus, maka mobil akan mogok dan membuat penggunanya kelabakan.

“Oleh karena itu rawat aki dengan baik. Terutama aki basah yaitu aki yang menggunakan cairan. Untuk merawatnya terbilang sederhana. Tetapi kalau dilakukan membuat aki bisa panjang usia,” ungkap Ichwan.

Salah satu cara merawat aki basah adalah menambah cairan jika cairan elektrolit telah berkurang – dok.Medium.com

Pertama, cek secara rutin kondisi cairan dan tambahi jika telah berkurang. Sebab jika cairan elektrolit aki berkurang dan mendekati batas terendah akan menjadikan sel kering dan aki aus.

Kedua, panasi mobil secara berkala dan teratur. Paling tidak seminggu sekali, jika tidak atau jarang dipakai. Hal ini dimaksudkan agar alternator mobil terus mengisi arus listrik ke aki.

Ketiga, bersihkan kepala atau terminal aki secara berkala, agar tidak tertutup oleh debu dan kotoran. Sebab, kotoran menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen terhambat bahkan lama kelamaan menjadikan aki aus.

Keempat, lepas kabel aki jika mobil tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan aliran listrik yang terus menerus dari aki ke komponen lain di mobil, sehingga aki tekor. (Jrr/Aa)