Gegara Standar Emisi, Vietnam Setop Penjualan Honda Brio dari RI

0
1220
Honda Brio RS - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Kementerian Perdagangan dan Kementerian Transportasi Vietnam menyetop penjualan Honda Brio dari Indonesia.

Seperti dilaporkan Hanoi Times dan The Investor Vietnam, belum lama ini, Honda Brio yang diproduksi Honda Motor di pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) dilarang didistribusikan dan dijual di Negeri Paman Ho. Alasannya, mobil ini tidak memenuhi standar emisi Euro 5 yang berlaku di negara itu, karena masih berstandar Euro 4.

“Sejak 1 Januari 2022, Vietnam telah mengadopsi standar emisi Euro 5. Sehingga semua mobil yang diperdagangkan di pasar Vietnam wajib mematuhi ketentuan ini,” bunyi keterangan Kementerian Transportasi Vietnam.

Data Departemen Umum dan Bea Cukai Vietnam yang dikutip Mobilitas, Senin (15/8/2022) menunjukkan sepanjang Januari hingga Juni tahun ini, Honda Brio terjual sebanyak 1.936 unit di negara itu. Sebelumnya, di tahun 2021 sebanyak 2.870 unit, dan tahun 2020 sebanyak 2.906 unit.

Honda Brio Satya – dok.Istimewa

Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy, saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Senin (15/8/2022) mengaku pihaknya memang sudah tidak mengekspor Honda Brio ke Vietnam. “Jadi benar Mas kita sudah tidak ekspor, Vietnam mensyaratkan kendaraan dengan emisi Euro5. Sedangkan Honda Brio masih Euro 4,” kata dia.

Kendati demikian, lanjut Billy, Honda Indonesia berencana untuk mengekspor Low SUV Honda BRV ke Vietnam. “Tentunya dengan standar yang mereka inginkan,” tandas dia. (Swe/Aa)