Great Wall Motor Daftarkan Paten Mecha Dragon EV di RI

0
1514
Mecha Dragon atau Jijialong, mobil listrik buatan Great Wall Motor - dok.Wikipedia

Jakarta, Mobilitas – Mobil setrum yang didaftarkan hak patennya itu merupakan bagian dari merek premium Shalong.

Dokumen Berita Resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM RI edisi November 2022 yang dikutip Mobilitas, Rabu (23/11/2022) menyebut pendaftaran dilakukan pada 20 April 2022. Mobil merek itu permohanan pendaftaran hak patennya didaftar dengan Nomor Permohonan DI : A00202201258.

Dokumen itu juga menyebut sejumlah perancang dari bagian-bagian mobil itu. Sementara informasi di laman resmi Great Wall Motor menyebut Mecha Dragon dibekali motor listrik sinkron magnetik.

Mobil berpenggerak empat roda ini bertenaga hingga 405 kW. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 750 Nm.

Lantas, akankah mobil setrum ini segera dipasarkan di Indonesia? Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Hendro Martono yang dihubungi Mobilitas, Rabu (23/11/2022) mengaku tidak tahu persis apakah Graet Wall Motor akan menjajakan produknya di Indonesia dalam waktu dekat ini.

“Saya belum mendengar soal nama itu akan investasi, baik untuk berjuala maupun mendirikan pabrik di Indonesia. Memang, saat ini banyak prinsipal pabrikan kendaraan yang berminat berinvestasi, terutama untuk kendaraan listrik di Indonesia. Tetapi siapa saja dan sejauh mana prosesnya saya tentu harus cek kembali, tidak hafal satu per satu,” ungkap Hendro.

Tampilan bagian belakang Mecha Dragon – dok.Carscoops

Namun, yang pasti, nama Great Wall Motor di dunia ikini terus berkibar seiring dengan penjualannya yang terus “bersinar”. Data internal Great Wall Motor Company Ltd (GWM) yang dikutip Mobilitas, Rabu (23/11/2022) menunjukkan selama Januari – Oktober tahun ini total mobil Great Wall Motor yang terjual di luar Cina mencapai 132.796 unit. Jumlah itu meningkat 18,55% dibanding periode sama di tahun lalu.

Pabrikan asal Baoding, Cina, ini juga moncer menjual mobil energi terbarukan (NEV) –listrik murni (EV), hybrid (HEV), plug-in hybrid (PHEV) – di sejumlah negara. Beberapa model digelontorkan, yakni Haval 6 Plug-in Hybrid, Haval H6 Hybrid, Jolion hybrid.

Mobil-mobil itu menggedor dunia termasuk Afrika Selatan, Australia, dan Thailand. Bahkan di Thailand, mobil listrik buatan Grwat Wall Motor – yakni Ora Good Cat – yang dijajakan sejak Juni 2021 lalu, di Januari – Oktober tahun ini laku 5.500 unit lebih. (Jrr/Aa)