Hadir dengan Sejumlah Pembaruan, Bisakah Isuzu MU-X Bangkit?

0
1446
Isuzu MU-X generasi ketiga meluncur di GIIAS 2021 - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi meluncurkan versi terbaru dari SUV ladder frame jagoannya yakni Isuzu MU-X di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang. Untuk pasar Indonesia SUV ini hanya disajikan satu varian yaitu berpenggerak 4×4 dengan transmisi otomatis (AT)

IAMI membanderol varian itu Rp 559,8 juta on the road Jakarta.Generasi ketiga Mu-X ini mendapatkan sentuhan perubahan pada bagian wajah, khususnya di lampu dan gril. Dia juga mendapatkan penguatan pada sasis, proteksi di bagian kolong, serta radiator dan intercooler baru.,

Isuzu membekalinya dengan mesin RZ4E-TC 1.9L in line 4 cylinder DOHC yang menyemburkan tenaga hingga 150 Ps di rpm 3.600 dengan torsi 35,7 kgm.transmisi matic baru dengan 6 tingkat percepatan triptronik. Semburan tenaga disalurkan ke roda menggunakan transmisi otomatis 6 tingkat percepatan triptronik.

“Kami menghadirkan kendaraan yang akan mengisi pasar 4×4 dengan menyasar kebutuhan kendaraan pertambangan dan oil,” papar Chief Operation PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation,Yohanes Pratama.

Peluncuran Isuzu MU-X dan Isuzu D-Max terbaru di GIIAS 2021 – dok.Istimewa

Namun, lanjut Yohanes, SUV ini tidak hanya digunakan di perkebunan atau area pertambangan semata, namun juga di area jalan raya dan kebutuhan lain. “Dan kemungkinan nantinya kami akan segera membawa dengan sistem pengerak 2×4 jika terdapat kebutuhan akan tipe tersebut,” ujar Yohanes.

SUV dengan dimensi panjang 4.850 milimeter (mm), lebar 1.870 mm, tinggi 1.815 mm, dan wheelbase 2.855 mm ini memiliki berbobot 2,8 ton. Dengan gound clearance 230 mm, dan radius putar 5,700 mm.

Isuzu Indonesia berharap generasi anyar MU-X ini bisa menjadi kontributor penjualannya seiring dengan penjualan model-model kendaraan komersial. Meski, generasi sebelumnya penjulannya tak secermelang para pesaingnya, terutama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

All New Isuzu MU-X saat dijajal melibas lintasan berair – dok.Istimewa

Sepanjang kiprahnya di pasar Indonesia, penjualan Isuzu MU-X tercatat muram alias lesu selepas tahun 2018. Data yang dihimpun Mobilitas dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat, sepanjang tahun 2017 penjualannya ke konsumen (ritel) sebanyak 712 unit.

Tahun berikutnya atau di tahun 2018, penjualan ritel SUV ini naik tipis menjadi 737 unit. Namun, di tahun berikutnya (tahun 2019) tiba-tiba penjualannya ambles. Data yang ada menunjukan selama Januari hingga Oktober di tahun 2019 itu, Isuzu MU-X hanya laku 250 unit.

Isuzu MU-X versi sebelumnya dok.Istimewa via Mobil123.com

Lalu, di rentang waktu Januari hingga September tahun 2020, penjualan ritel kembali ambles dan hanya sebanyak 88 unit. Sementara di tahun 2021 ini, selama tiga bulan pertama atau kuartal satu hanya laku 1 unit yang terjadi pada bulan Februari. (Din/Aa)