Hari Ini One Way Arus Balik Berlaku Mulai di GT Palimanan

0
1327
GT Utama Cikampek - dok.PT Jasa Marga

Jakarta, Mobilitas – Kepolisian RI memberlakukan arus searah alias one way mulai dari Gerbang Tol (GT) Palimanan hingga Kilometer (Km) 72 Tol Jakarta – Cikampek untuk mengurai kemacetan arus lalu-lintas balik ke Jakarta dari arah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan setelah KM 72 tol Jakarta – Cikampek hingga Km 47 diberlakukan arus contra flow.

“Ketentuan manajemen arus lalu-lintas one way itu diberlakukan mulai hari ini, Kamis (5/5/2022) mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB. Nah, setelah pukul 24.00WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB berlaku arus normal,” papar Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol.Sambodo Purnomo Yogo, saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Kamis (5/5/2022).

Dia menegaskan, ketentuan tersebut ditetapkan berdasar koordinasi dengan pihak PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. “Karena kepadatan lalu-lintas baik pada jalur A, jalur B sangat padat dengan rasio kapasitas volume yang mencapai 1,19,” kata Sambodo.

Ilustrasi, arus lalu-lintas di jalan tol – dok.Vox

Sambodo mengatakan, dalam pelaksanaan arus one way itu untuk kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi satu lajur. Jika kepadatan arus lalu-lintas berkurang, lanjut dia, maka pelaksanaan rekayasa oneway akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada.

“Tetapi sebaliknya, jika kepadatan malah meningkat, maka rekayasa lalalu-lintas dengan sistem one way akan ditingkatkan dari GT Palimanan utama KM 188 sampai dengan tol Jakarta – Cikampek KM 47 tanpa relaksasi dan akan diperpanjang waktunya,” kata dia.

Menurut perkiraan semula, puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei. Pasalnya, hari Senin (9/5/2022) para pekerja kantor pemerintah maupun swasta telah memulai aktifitas kembali setelah menikmati masa cuti bersama. (Fer/Aa)