Haval 6, Penjegal Honda CR-V dari Cina

0
1058
Haval H6 versi terbaru - dok.Tek Deeps

Shanghai, Mobilitas – Nama Great Wall Motors (GWM) sontak menjadi topik perbincangan para industrialis dan penggemar produk otomotif Asia – khususnya Asia Tenggara, termasuk Indonesia – ketika tahun 2020 lalu berinvestasi di Thailand.

Pabrikan asal Baoding, Republik Rakyat Cina (Cina) ini membeli pabrik bekas milik General Motors (GM) di Rayong, Thailand.

Terlebih sebelumnya GMW juga telah memasarkan sejumlah produk di Negeri Gajah Putih itu, di antaranya SUV Haval 6. Mobil ini cukup mentereng dalam penjualan, terutama di Cina. Sosoknya juga telah dikenal di sejumlah negara terutama di Asia, Amerika, Eropa, dan Australia.

Seperti dilaporkan laman Gasgoo, belum lama ini, Haval 6 merupakan SUV terlaris di Negeri Tirai Bambu. Dia berhasil menjegal Honda CR-V, BMW X3, bahkan Toyota RAV4.

Interior dan fitur Haval 6 – dok.Cars.co.za

Data yang dihimpun Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) dan Asosiasi Produsem Mobil Cina (CAAM) menunjukkan hingga kini Haval telah menjadi SUV terlaris di negeri itu. SUV ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 di hajatan Shanghai International Auto Show.

“Haval telah menapak di urutan teratas sebagai SUV terlaris di Cina selama 96 bulan berturut-turut hingga kini,” tulis Gasgoo.

Data kedua asoasi itu memperlihatkan sepanjang Januari hingga Mei tahun ini, Haval 6 telah terjual sebanyak 167.021 unit, naik 69,5% dibanding periode sama 2020. Jumlah ini mendominasi penjualan merek pabrikan yang berdiri sejak tahun 1984 itu.

Selama lima bulan pertama itu, GWM tercatat berhasil melego produknya sebanyak 517.547 unit. Pencapaian ini menanjak 65,32% dibanding penjualan selama kurun waktu yang sama tahun 2020.

Mesin Haval 6 – dok.Chinapev

Selama Mei
Di bulan Mei saja, GMW berhasil mengantongi angka penjualan sebanyak 86.965 unit, naik 6,18% dari tahun lalu. Dari jumlah ini, Haval 6 menyumbang angka penjualan sebanyak 26.059 unit, jumlah penjualannya itu naik 14,8% dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Meski, dibanding bulan April penjualan Haval 6 itu mengkerut. Sebab pada bulan keempat tersebut Haval 6 masih terjual sebanyak 28.019 unit.

Menariknya pada bulan tersebut SUV in cukup jauh meninggalkan pesaingnya Honda CR-V yang terjual sebanyak 24.972 unit. Bahkan berada di atas Toyota RAV4 yang saat itu mengoleksi angka penjualan sebanyak 14.880 unit.

Haval 6 di Australia – dok.Carsales

Di negerinya, Haval H6 disuguhkan dalam dua pilihan mesin empat silinder yang diimbuhi turbocharger. Pertama, mesin 1.5 liter turbo yang menyemburkan tenaga 169 PS dengan torsi 285 Nm

Kedua, mesin 2.0 liter turbo yang bertenaga 211 PS dengan torsi 325 Nm. Penyaluran tenaga ke roda keduanya menggunakan transmisi otomatis tujuh tingkat percepatan kopling ganda (dual-clutch transmission alias DCT).

SUV ini diklaim mampu berakselerasi dari 0 kilometer per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj hanya dalam tempo 10 detik. Kini Haval 6 telah menggelinding di jalanan Thailand. Akankah juga merambah pasar Indonesia? (Fer/Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here